Tuesday, 18 September 2018

Uji Nyali Motret Beruang di Habitatnya

Sabtu, 4 Februari 2012 — 13:27 WIB
Igor

RUSSIA  (Pos Kota) – Beruang sama dengan binatang buas lain, yang dengan cakarnya bisa mencengkeram dan merobek-robek mangsanya, atau siapa saja yang mengganggunya.

Dengan berat badannya yang ratusan kilogram, dan mampu berlari kencang, dia mudah membuat lawan tak berkutik. Manusia jelas lawan dan mangsa yang empuk.

Tapi tidak demikian dengan  Igor Gushchin, seorang fotografer asal Moskow . Dia nekat dan menguji nyali saat merekam perilaku beruang cokelat Kamchatka di cagar alam Kronotsky di Rusia.

Sementara rekannya memilih memotret dari jauh, dengan lensa jarak jauh (tele lens) , Igor mempertaruhkan nyawanya dengan memotret hewan buas tersebut dari jarak dekat, agar memperoleh gambar close up.

Igor bersama beberapa teman fotografernya terlibat dalam sebuah ekspedisi untuk menangkap momen hewan tersebut pada saat musim bertelur salmon merah.

“Semua dari kamu adalah  fotografer satwa liar yang cukup berpengalaman. Kami telah mempelajari perilaku beruang, dan secara ketat dipandu dengan aturan keselamatan,” tutur pria berusia 52 tahun itu.

“Saya tidak akan merekomendasikan siapa pun mencoba dan mengulangi pengalaman ini,  sendiri. Karena sangat beresiko untuk berdekatan dengan  hewan ini” tambahnya.

Menurut laporan Dailymail, populasi beruang cokelat Kamchatka semakin berkurang dan bahkan terancam punah akibat perburuan liar.( DM/dms)