Saturday, 19 August 2017

Dugaan Korupsi, Mantan Bupati Diperiksa Jaksa

Minggu, 5 Februari 2012 — 11:14 WIB
mantan-sub

SURABAYA (Pos Kota)- Mantan Bupati Gresik Jawa Timur KH RM bakal diperiksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik terkait kasus keterlibatan tukar guling tanah kas desa atau TKD Desa Suci, Kecamatan Manyar pada 2003 -2004. Bahkan, akibat kasus ini mantan Kades Suci yang juga Lurah Sidokumpul Gresik, Syaifuddin Zuhri telah dijebloskan ke penjara karena terlibat dugaan korupsi senilai Rp 3,5 miliar.

Mantan Bupati Gresik dua periode itu sebelumnya dua kali mendapat surat panggilan yang dilayangkan pada Selasa (31/1) serta Jumat (3/2). Namun, yang bersangkutan tidak datang karena berhalangan. “Surat panggilan kedua kalinya telah kami layangkan tapi yang bersangkutan tetap tidak datang,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bambang Utoyo.

Lebih lanjut Bambang Utoyo mengatakan, jika surat panggilan yang ketiga tetap tidak dihiraukan. Kajari Gresik akan memanggil paksa KH.RM. “Sesuai protap kami jika sampai ketiga kalinya tetap tidak datang kami akan memanggil paksa,” ujar Bambang Utoyo.

Menanggapi hal ini, kuasa hukum KH.RM, Suyanto SH, Minggu  (5/2/2012) mengatakan, surat pemanggilan kedua yang dikirim Kejari Gresik ke kliennya karena yang bersangkutan tidak bisa hadir karena ada acara pengajian yang dihadiri Wagub Jatim Syaifullah Yusuf di rumahnya.

“Saat itu memang klien saya tidak bisa memenuhi panggilan kejaksaan karena ada acara di rumahnya,” tuturnya.

(nurqomar/sir)