Wednesday, 14 November 2018

292 Ribu Pasien Baru Kanker di Indonesia

Senin, 6 Februari 2012 — 14:56 WIB
aby555

JAKARTA (Pos Kota) – Penyebaran penyakit kanker di Indonesia sudah dalam tahap  mengkhawatirkan.  Indonesia dengan populasi 240 juta jiwa, memiliki pasien baru kanker  sekitar 292 ribu jiwa setiap tahunnya.

“Dari jumlah itu sekitar 215 ribu orang meninggal akibat kanker. Rata-rata mereka gagal mendeteksi kanker dan mengobatinya secara dini,” kata Ketua Angel Voice Indonesia, Hanny Moniaga   usai memperingati World Cancer Day dengan tema “To Love and To Care” di MRCCC  Siloam Semanggi,  Jakarta, Senin  (6/2/2012).

Angel Voice Indonesia mencatat,  90 persen penderita kanker disebabkan  gaya hidup yang sembrono dan jorok seperti banyak merokok, obesitas, kurang konsumsi sayuran dan buah.

“Sepertiga dari seluruh kasus kanker dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati secara dini. Dan, 43 persen kanker bisa dicegah,” papar Hanny Moniaga.

Dia menuturkan selama ini masyarakat kurang informasi tentang penyakit kanker, sehingga sering menyebabkan pasien terlambat mendapatkan pengobatan.

Hari Kanker Sedunia di MRCCC Siloam Semanggi diisi berbagai kegiatan seperti diskusi dan talkshow. Juga ada  penggalangan dana untuk mereka yang terkena kanker. Acara  menghadirkan  beberapa dokter terkemuka terkait penyakit ini di antaranya dr Samuel Haryono, SpB (K); Prof. Dr dr Aru W Sudoyo, SpPD KHOM FACP; dr Samuel Oetoro, SpGK, dan dr Endah Ronowulan, SpKJ.

Menurut Hanny,  jenis kanker terbanyak di Indonesia adalah kanker payudara, serviks, kanker hati, paru, kanker kulit, nasofaring, kanker usus besar, leukemia dan limfoma.

Hanny mengatakan, penyakit kanker dapat disembukan melalui deteksi dini dan terapi yang cepat dan tepat.

(aby/sir)

Teks Gbr- Ketua Angel Voice Indonesia, Hanny Moniaga.