Tuesday, 25 July 2017

Satpol PP DKI Diperintahkan Menjaga Trotoar

Selasa, 7 Februari 2012 — 0:15 WIB
iliussatpol

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta H. Fauzi Bowo memerintahkan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjaga seluruh trotoar di lima wilayah dari penyerobot. Trotoar harus dikembalikan fungsinya untuk pejalan kaki.

“Trotoar sudah jelas untuk pejalan kaki. Karena itu, seluruh aparat satpol PP di lima wilayah harus mampu mengamankan dan mengembalikan fungsinya,”kata Fauzi Bowo, kemarin. Fauzi juga berharap agar pengendara roda dua tidak menyerobot trotoar.

Hal tersebut disampaikan karena trotoar saat ini banyak disalahgunakan. Tidak hanya
diserobot pedagang Kaki-5, tetapi juga dijadikan sebagai jalan alternatif bagi kendaraan roda dua. Akibatnya, pejalan kaki tidak nyaman dan aman.

Menurut Fauzi, seluruh aparat Satpol PP di lima wilayah harus mampu mengamankan trotoar tersebut. “Tapi, kesadaran pengendara jauh lebih penting.”

Inggard Joshua, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, mengatakan selain penertiban, dinas terkait lainnya harus mampu merancang trotoar bebas dari serobotan.

“Diperlukan koordinasi yang kuat antara unit-uinit terkait. Seperti dinas pekerjaan umum serta dinas pertamanan. Tanpa koordinasi yang kuat maka trotoar terus akan diserobot,”tuturnya.

Menurut Inggard, Dinas Pertamanan harus merancang pembuatan trotoar atau pedestrian tidak mudah diserobot. “Memang tidak mudah,”katanya.

Ia setuju dengan Fauzi bahwa kesadaran pengendara atau penyerobot lainnya sangat diperlukan. “Warga harus menyadari bahwa trotoar untuk pejalan kaki. Kalau main pagar, kan sama saja kita dengan hewan.” (john/b)