Wednesday, 20 September 2017

50 Lapak Kaki-5 di Trotoar Dibongkar

Kamis, 9 Februari 2012 — 20:32 WIB
gusur9

CAKUNG (Pos Kota) – Sebanyak 50 lapak kaki-5 di trotoar dan saluran air sepanjang Jl. DR KRT Radjiman Widjodiningrat, Kelurahan Jatinegara dan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, dibongkar aparat setempat, Kamis (9/2). Petugas juga membersihkan papan reklame dan sejumlah bangunan yang berdiri di atas trotoar dan saluran air.

Camat Cakung Lukman Hakim, yang memimpin kegiatan, geram ketika menemukan warteg yang sebagian bangunannya berdiri di atas saluran air. “Ini berdiri di atas trotoar jadi harus dibongkar,” tegur camat kepada Edi, 31, pemilik warteg.

Usai menegur pemilik warteg, camat juga melakukan pendekatan persuasif kepada salah seorang penjaga mini market yang mengamuk lantaran tiang reklame hendak dirobohkan petugas. Cara tersebut ternyata berhasil. Sang penjaga keamanan bersedia membongkar sendiri reklame yang berdiri di atas trotoar itu.

Menurut camat, penertiban ini layak dilakukan karena faktanya banyak lapak pedagang Kaki-5, reklame, dan bangunan yang keberadaannya memakan trotoar dan saluran air. Hal tersebut dianggap telah melanggar Perda 08/2007 tentang ketertiban umum.

Secara umum, jalannya penertiban ini berjalan lancar. Sebanyak 120 petugas gabungan dari unsur Satpol PP, TNI, Plri, dan Sudin Perhubungan diterjunkan. Penertiban menggunakan peralatan sederhana, seperti godam, linggis, mesin las dan sepuluh armada truk untuk mengangkut puing bekas penertiban. (yulian)

TEKS GAMBAR: Sejumlah petugas Satpol PP menertibkan salah satu lapak pedagang kaki-5 di Jl. DR. KRT Radjiman Widjodiningrat, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (9/2). (yulian/b)