Friday, 16 November 2018

El Clasico Mini Tercipta di Final Piala Raja

Kamis, 9 Februari 2012 — 8:55 WIB
barca

BARCELONA (Pos Kota) – Final ideal menghadirkan El Clasico mini, antara Barcelona kontra Athletic Bilbao, akhirnya tercipta di partai final Copa del Rey atau Piala Raja musim ini. Kepastian itu ditentukan dengan lolosnya Barcelona ke partai final, usai menekuk Valencia 2-0 pada leg kedua di Camp Nou, Kamis (9/2) dinihari WIB.

Hasil itu memantapkan langkah Barcelona ke final dengan agregat 3-1 setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 pada leg pertama di Estadio de Mestalla, tengah pekan lalu. Di final, El Barca akan bertemu Atheletic Bilbao yang merupakan musuh abadi mereka di final Copa del Rey dengan nuansa sarat gengsi bertajuk El Clasico mini. Seperti yang diketahui, Barcelona dan Bilbao adalah dua tim penguasa di Copa del Rey.

Barcelona berhasil mengoleksi 25 gelar dan menjadi runner-up sebanyak 10 kali, Bilbao mampu mengumpulkan 23 trofi dan menjadi runner-up sebanyak 12 kali di ajang Copa ndel Rey. Tidak heran jika pelatih Barcelona, Pep Guardiola sangat antusias menantang Bilbao di final. “Bilbao merupakan lawan yang sulit bagi kami. Tiga tahun lalu kami bertemu di final. Sekarang kami bertemu lagi,” tandas Guardiola, seperti yang dilansir Elmundo Devortivo, Kamis (9/2).

“Pertandingan itu akan berlangsung pada 25 Mei mendatang, jadi kita lihat apa yang akan terjadi nanti. Saya ingin tim selalu menampilkan permainan terbaik, seperti yang kami lakukan saat melawan Valencia dalam dua leg di semifinal. Kini, hal itu kembali membuktikan itu untuk menyelesaikan peluang meraih tiga gelar musim ini (Copa del Rey, La Liga Spanyol, dan Liga Champions),” lanjut pelatih berkepala plontos tersebut.

Bermodalkan hasil imbang 1-1 pada leg pertama, Barcelona yang tampil sebagai tuan rumah menghadapi Valencia pada leg kedua, langsung membuka keunggulan 1-0 di menit ke-16 lewat gol Cesc Fabregas. umpan matang Lionel Messi sukses dikonversi Fabregas untuk menaklukkan kiper Valencia, Diego Alves Carreira. Keunggulan itu kemudian bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Valencia akhirnya harus bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua Sofiane Feghouli di menit ke-71. Situasi itu langsung dimanfaatkan skuad Guardiola untuk memastikan kemenangan menjadi 2-0 berkat gol tambahan dari Xavi Hernandez, sembilan menit jelang bubaran. Hasil itu sekaligus memantapkan langkah Barcelona untuk bertemu Bilbao yang sebelumnya sukses menyingkirkan Mirandes 6-2 (agregat 8-3).

(junius/sir)