Wednesday, 14 November 2018

Situ Cipondoh Dibersihkan Warga Senang

Jumat, 10 Februari 2012 — 19:59 WIB
pon102

TANGERANG (Pos Kota) – Warga kawasan Situ Cipondoh di Kecamatan Cipondoh, puas melihat petugas Dinas PU Kota Tangerang rajin membersihkan dan mengangkuti tanaman eceng gondok dari situ sehingga bisa mencegah penyumbatan aliran air pembuangannya ke kali.

“Sebaiknya memang begini, karena kalau eceng gondok dibiarkan terus tumbuh memenuhi situ, saat hujan deras akan terbawa ke pintu air pembuangannya ke kali dan bisa menyumbat, nantinya bisa banjir,” kata Endang, warga Cipondoh.

Sebab itu, kesiagaan petugas dituntut rutin membersihkan dan mengangkuti tanaman liar di situ terbesar di Kota Tangerang ini. Apalagi, di saat musim hujan, tanaman air ini begitu cepat tumbuh. Sekejap saja, permukaan situ telah dipenuhi eceng gondok.

H Karsidi, Kepala Dinas PU Kota Tangerang, mengutarakan pihaknya sepekan sekali membersihkan tanaman liar di situ ini. Sebanyak 4 truk disiapkan untuk mengangkuti eceng gondok untuk dibuang ke TPA Pemkot Tangerang di Rawa Kucing.

Diakuinya meskipun sebenarnya tanggung-jawab merawat dan menjaga situ menjadi kewenangan Pemprop Banten, tetapi karena berada di Kota Tangerang pihaknya tak bisa tinggal diam. Minimal, jangan sampai kepermaian Situ Cipondoh tertutupi lautan eceng gondok. (djamal)

Teks : Situ Cipondoh yang kian asir setelah dibersihkan Dinas PU Tangerang