Wednesday, 20 September 2017

Bantar Gebang Kini Menghijau

Selasa, 14 Februari 2012 — 16:57 WIB
TPST

BEKASI (Pos Kota) – Zona satu kawasan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, sudah hijau. Lokasi yang awalnya gunungan sampah berubah menjadi bukit hijau yang ditumbuhi pohon.

Vice Managing Director PT Godangtua Jaya L.F. Lumbantoruan mengungkapkan pihaknya memang agak kesulitan melakukan penghijauan di sekitar TPST Bantar Gebang. “Tidak semua tanaman cocok dengan kondisi tanah di sini, jadi butuh waktu karena lebih banyak pohon yang mati,” katanya Selasa (14/2).

Truk sampah melintas di TPST Bantar Gebang, Bekasi, yang kini menghijau.

Lumbantoruan mengatakan kondisi tanah yang berasal dari sampah tidak bisa langsung ditanami pohon. “Belum lagi dari air sampah yang mengalir malah membuat pohon mati karena air sampah mengandung limbah dan tidak cocok dengan tanaman,” katanya.

PT Godangtua Jaya sendiri sebenarnya sudah menyiapkan 2 juta pohon untuk ditanam yang kini masih berada di lokasi pembibitan dekat TPST. Hanya saja tidak menggunakan bidang lahan luas. “Kami memang ada kewajiban membuat buffer zona untuk lokasi penghijauan. Ini sebenarnya sudah kami lakukan hanya menggunakan lahan yang panjang dan tidak berupa bidang tanah luas karena masalah kondisi tanah yang belum memungkinkan untuk ditanam,” lanjutnya.

Tahun ini pihaknya mengganggarkan untuk pembuatan buffer zona tersebut. “Baru tahun ini kami buat karena tanah dari gunungan sampah sudah bisa ditanami, seperti di zona satu,” tegasnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Bekasi menuntut Pemda DKI segera dibangun buffer zona atau kawasan hijau seluas 1.000 meter per segi/tahun, terkait kompensasi sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi Dadang Hidayat mengatakan  total kewajiban DKI ada 24 poin. “Sebagian memang sudah dipenuhi, tapi ada juga yang belum sama sekali,” katanya. (Dieni)

Kawasan zona satu TPST Bantar Gebang yang sudah dihijaukan. (Dieni)