Kamis, 16 Februari 2012 19:28:57 WIB

Tips Membeli Mobil Bekas

tips162

UNTUK membeli mobil bekas, ada beberapa cara yang bisa menjadi pedoman. Pilih sesuai kebutuhan, jangan mengumbar keinginan. Pilih mobil dengan CC kecil kalau memang untuk harian dan mobilitas tinggi. Ini juga akan mempengaruhi kebutuhan bahan bakar yang digunakan.

Perhatikan juga ketersediaan suku cadang sehingga kalau ada masalah tidak terlalu lama di bengkel. Biasanya merek-merek yang sudah popular tidak ada masalah dengan suku cadang.

Kalau bisa riwayat mobil, missal sejarah mobil yang pemiliknya di pinggir laut, bodinya mengkahwatirkan. Selain itu juga lekukan body yang berpotensi beradu dengan kendaraan lain. Tentu saja soal mesinnya. Yang perlu juga adalah test drive, jangan sampai mobil mulus tapi saat jalan, mobilnya goyang ngebor.

Soal kaki-kaki, yang namanya mobil bekas sangat rentan apalagi jalanan di Jakarta tak ada yang mulus, tapi ini pun harus diketahui. Cek juga kondisi oli, ada yang rem¬bes atau tidak.

Yang penting juga soal surat kedaraan, terutama kalau membeli dari perorangan, harus lebih cermat. Kalau bisa jangan beli mobil di jalanan yang tidak jelas alamatnya, karena tidak sedikit masalah terjadi di tempat ini.

Pastikan bahwa semua bagus, fitur berfungsi semua sehingga tidak bolak-balik ke bengkel. Dari hasil ‘sidak’ itu sampailah anda pada kesimpulan untuk menentukan keputusan dibeli atau tidak dan harganya. (untung/b)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.