Wednesday, 14 November 2018

Banjir Merepotkan Pemandian Jenazah

Sabtu, 18 Februari 2012 — 20:21 WIB
jir182

JATINEGARA (Pos Kota) – Ratusan rumah warga Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kembali terendam banjir kiriman, Sabtu (18/2). Kali ini, banjir tak hanya merepotkan warga, namun juga mengganggu proses pemandian jenazah salah seorang warga yang meninggal dunia pada Jumat (17/2) menjelang tengah malam.

Informasi di lapangan menyebutkan, salah seorang warga yang meninggal tersebut adalah Aminah alias Mamay, 80, warga RT 015/03 Kelurahan Kampung Melayu. Nenek enam cucu tersebut meninggal karena sakit.

Said, 40, salah seorang saudaranya mengatakan, banjir luapan air Kali Ciliwung yang terjadi mulai Pk. 01:00, Sabtu (18/2) dinihari itu cukup merepotkan keluarga almarhum. Terutama ketika jenazahnya hendak dimandikan.

“Yang merepotkan adalah, saat proses pemandian jenazah, pihak keluarga harus bersusah payah mencari tempat aman dari genangan. Termasuk warga yang melayat, terpaksa harus berendam menerobos genangan air,” katanya.

Meski demikian proses pemandian jenazah berhasil dilaksanakan sekitar Pk. 10:00. Dengan dibantu puluhan warga sekitar, Aminah pun dapat dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Pala, Kecamatan Makasar, sekitar Pk. 12:00. “Untungnya, banyak warga yang bantu menyemayamkannya hingga dibawa ke pemakaman,” katanya.

Lurah Kampung Melayu, Adhe Chairul Bahar menuturkan, hampir sama seperti yang sudah-sudah, ketinggian banjir kali ini mencapai sekitar 160 cm. Beberapa warga juga sempat mengungsi ke Masjid At-Tawabin, yang ada di wilayah RW 03. “Namun tadi pagi mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Karena air sudah berangsur surut,” katanya, Sabtu (18/2) siang.

Camat Jatinegara, Muchtar, mengatakan, untuk membantu korban banjir, pihaknya dibantu Ketua RT dan RW setempat mendistribusikan bantuan bubur kacang hijau yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur. “Bantuan bubur kacang hijau sebanyak 3 gentong atau setara 90 liter dari PMI langsung dibagikan untuk sarapan warga,” katanya. (yulian)

KETERANGAN FOTO: Sejumlah warga menerobos banjir di Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (18/2). (yulian/b)