Wednesday, 21 November 2018

Sebulan Tanggul Jalan Dibiarkan Longsor

Sabtu, 18 Februari 2012 — 20:37 WIB
ILUSSEBULAN

CILANDAK (Pos Kota) – Pengendara yang melintas di ruas Jalan Arteri TB Simatupang dari arah Ragunan menuju Cilandak, Jakarta Selatan ketar-ketir. Pasalnya sudah hampir sebulan tanggul tembok longsor di sekitar kolong jembatan tol Cilandak.Sepertinya dibiarkan dan hanya ditutupi plastik warna biru.Untuk itu warga minta Pemerintah Kota Jakarta Selatan segera memperbaikinya.

“Seharusnya sudah diturap atau diperbaiki tanggul yang longsor itu sehingga tak mengganggu kenyamanan pemakai jalan maupun kendaraan,” kata Hermaji, warga Pasar Minggu, Sabtu (18/2).

Menurut dia, tembok batu kali dan sebagian tanah di pinggir jalan itu longsor sejak pertengahan Januari 2012 lalu tapi hingga Februari 2012 ini belum ada upaya diperbaiki atau ditangani serius sehingga longsoran tanah tentunya membahayakan pemakai jalan saat hujan.

Sebelumnya, Pos Kota memberitakan arus lalulintas dari arah Ragunan menuju Cilandak maupun dari Cilandak yang akan berbelok menuju RS Fatmawati macet akibat tembok dan tanah tebing sepanjang 40 meter panjangnya longsor ke badan Jl. Raya Arteri TB Simatupang.

Asisten Pembangunan Jaksel Ny. Tri Wahyuning Diah didampingi Kasudin PU Jalan , Yayat Hidayat, mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat teguran ke pengelola sekolah swasta yang ada di sekitar lokasi untuk memperbaiki kerusakan atau longsornya tembok dan tebing tanah tersebut.

“Surat teguran disampaikan setelah ada pengecekan lapangan dan rapat instansi terkait di Pemkot Jaksel,” ujarnya. “Yang jelas Pemkot Jaksel sudah mengirimkan surat teguran agar pengelola sekolah swasta yang ada di atas lahan tersebut secepatnya memperbaiki tanggul dan tanah yang longsor.”

Mengenai kejadian longsor dan hingga kini belum diperbaiki, imbuh Yayat Hidayat, instansinya juga sudah memberikan laporan dan surat tertulis ke Dinas PU DKI Jakarta untuk menanggani masalah tersebut secepatnya. (anton)

Teks foto: Kondisi lokasi tebing longsor di pinggir Jl. Arteri TB Simatupang, Cilandak yang belum diperbaiki.(anton/b)