Friday, 21 September 2018

Pedagang di Pasar Minggu Minta Tidak Ditertibkan

Senin, 20 Februari 2012 — 21:49 WIB
Pedagang di Pasar Minggu-Anton

PASAR MINGGU (Pos Kota) – Ratusan pedagang Kaki-5 di sekitar Pasar Minggu minta kebijaksanaan boleh membuka usaha sekitar di Jl. Raya Buntu dan Jl. Raya Ragunan.  Pasalnya, lokasi penampungan yang ada tak mampu menampung semua pedagang yang ada di wilayah tersebut.

“Kami hanya minta kebijaksanaan tak ditertibkan atau diusir dari lokasi yang selama ini menjadi tempat usaha seperti pinggir Jl. Raya Buntu dan Jl. Raya Ragunan serta Jl. Raya Pasar Minggu,” kata Ny. Lasiman, pedagang sayuran, di Pasar Minggu, Senin (20/2).

Menurut dia, keberadaan lapak kagetan atau pedagang yang menghampar barang dagangan maupun menggunakan gerobak di pinggir jalan sebetulnya tak mengganggu aktivitas warga maupun pemakai jalan lainnya. “Kami hanya mencari makan dan rezeki dengan berjualan di sini,” tuturnya.

Lokasi penampungan gratis di ujung Jl. Raya Buntu belakangan terminal Pasar Minggu tak mampu menampung jumlah pedagang yang ada. Bahkan, sebagian lapak atau tempat usaha di lahan gratis tersebut sudah dimiliki orang lain serta hampir seluruh pedagang yang ada tak lagi jualan di lokasi penampungan itu.

Kodir, pedagang buah, mengatakan masalah kesemrawutan dan kemacetan di ruas jalan tersebut sebetulnya lebih disebabkan angkutan umum berhenti dan menunggu calon penumpang seenaknya di pertigaan Jl. Raya Buntu dan Jl. Raya Ragunan.

“Larangan berhenti menurunkan dan menaikkan penumpang tak diperhatikan pengemudi maupun sopir termasuk calon penumpang,” ujarnya kesal.

Walikota Jaksel Anas Efendi didampingi Camat Pasar Minggu Amin Haji dan Kasie Satpol PP setempat Abdurachman, mengatakan semua pedagang yang ada di pinggir jalan dan trotoar termasuk lapak menggunakan gerobak harus bersih dari kawasan Pasar Minggu.

Mereka sudah ada lokasi jualan, tambah dia, harusnya bisa ditangani dan ditata dengan baik sehingga tak timbul kesan semrawut serta membuat kemacetan di ruas jalan yang ada termasuk melarang atau menilang angkutan umum yang mangkal seenaknya di ruas jalan tersebut. (anton/dms)

Sejumlah petugas Satpol PP Kec. Pasar Minggu saat menertibkan dan menghalau pedagang di sekitar Pasar Minggu. (anton)

  • Anonymous

    wajib tertib dilokasikan ke tempat yang tidak mengganggu lalulintas