Senin, 20 Februari 2012 21:25:12 WIB

Guru Honorer Demo

Wahai SBY, Mana Janjimu!

honor202

GAMBIR (Pos Kota) – Tak kunjung diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS), ribuan guru honorer menggeruduk Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (20/2).
Mereka demomenuntut kejelasan nasib dan menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengangkatan guru honorer jadi PNS.

Guru yang tergabung dalam Forum Tenaga Honorer Sekolah Negeri Indonesia (FTHSNI) itu dalam aksinya mengenakan ikat kepala merah bertuliskan ‘Honorer Mumet’. Tampak sejumlah spanduk dibentangkan, di antaranya bertuliskan ‘PNS Yes, honorer No’ , ‘Wahai SBY, mana janjimu inga-inga’.

Aksi demo itu dijaga ketat polisi. Di depan Istana juga didipasangi kawat berduri dan disiapkan dua mobil water canon. Akibat aksi ini, lalu lintas di sekitar Istana mengalami kemacetan.

TAGIH JANJI

Ketua Umum FTHSNI, Ani Agustina, menjelaskan ribuan guru yang berdemo merupakan perwakilan dari hampir seluruh wilayah di Indonesia seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Kalimantan. “Kami di sini menagih janji agar PP pengangkatan jadi PNS segera ditandatangani.”

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB-PGRI), Syahiri Hermawan, menambahkan semua permasalahan guru honorer akan selesai kalau Presiden segera menandatangani PP tersebut. “Entah sekaligus, ataupun secara bertahap. Ini supaya nasib guru honorer menjadi jelas dan tidak terkatung-katung,” ungkapnya.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes AR Yoyol, menegaskan pihaknya menerjunkan 1.200 personel gabungan dari Sabhara, Brimob, serta lantas, juga dibantu dari Polda Metro. (tarta/ak/o)

Teks : Demo guru honorer di depan Istana

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.