Kenapa Baru Bisa Dicairkan Setelah 5 Tahun

Selasa, 21 Februari 2012 — 12:47 WIB
jamso212

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) kembali menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0821148790749 dan dapat juga membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com setiap hari.

1. Pertanyaan : Kenapa Jamsostek mesti nunggu 5 tahun baru bisa dicairkan? Kenapa setelah pencairan tetap menunggu berminggu minggu? Ami terima kasih

Jawab : Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek adalah untuk memberikan bekal hari tua kepada tenaga kerja. Dengan syarat kepesertaan 5 tahun tersebut, diharapkan pekerja dapat memperoleh pekerjaan kembali, sehingga JHT tidak perlu diambil atau kepesertaan dapat dilanjutkan. Proses pencairan JHT tidak akan lama, jika semua persyaratan telah lengkap. Yaitu; kartu peserta Jamsostek, foto copy KTP dan KK serta paklaring dari perusahaan.

2. Pertanyaan : Saya sudah berkerja di perusahaan saya selama enam tahun lebih. Saya mau pinjam uang Rp 30 juta buat bangun rumah. Caranya bagai mana ya?
.
Jawab: Pinjaman uang muka perumahan hanya diperuntukkan bagi peserta Jamsostek dengan kepesertaan minimum sudah satu tahun. Jika Anda peserta Jamsostek bisa mengajukan permohonan ke kantor cabang terdaftar untuk mendapatkan rekomendasi ke bank mitra Jamsostek seperti BNI dan BTN.

3. Pertanyaan : Untuk mengetahui berapa saldo Jamsostek seseorang, caranya bagaimana? Trimakasih.

Jawab : Anda bisa datang ke kantor cabang Jamsostek terdekat dengan membawa kartu peserta jamsostek (JPK) dan minta petugas untuk mencetakkan saldo JHT anda.

4.Pertanyaan : Bagaimana caranya ikut Jamsostek?

Jawab : Pendaftaran kepesertaan dapat dilakukan secara kolektif oleh perusahaan/pemberi kerja ke kantor cabang Jamsostek. Tapi kini Jamsostek juga membuka. Pendaftaran perseorangan.

5. Pertanyaan : Saya sudah resign (puindah kerja) selama 2 tahun. Tetapi Jamsostek saya mash aktif (3 tahun). Apakah bisa dicairkan? Terima kasih.

Jawab : Sesuai ketentuan, dana Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa dicairkan jika masa kepesertaan minimum 5 tahun. Jadi Anda harus menunggu 2 tahun lagi. Ketentuan itu agar jika peserta bekerja kembali, kepesertaan dapat dilanjutkan.

6. Pertanyaan : Saya bekerja di PT Rasindo Jaya Utama bergerak di bidang keamanan sudah 5 bulan dan selama itu setiap gajian dipotong untuk Jamsostek, tetapi sampai saat ini saya belum mendapat kartu Jamsostek dn teman-teman saya yang sudah lama kerja, 5 (lima) bulan ini iurannya belum disetorkan jamsosteknya. Mohon petujuknya langkah apa yg hrs kami lakukan?

Jawab : Pertama, tanyakan pada perusahaan kenapa kartu Jamsostek tidak diberikan dan iuran tidak dibayarkan. Jika tidak ditanggapi, laporkan penggelapan iuran Jamsostek ini ke dinas ketenegakerjaan untuk ditindaklanjuti.

7. Pertanyaan : Saya mau ambil uang Jamsostek yang terdaftar di Bandung tetapi belum 5 tahun. Diambil di cabang Bekasi bisa atau tidak? Boleh tau penghitungan dapat JHT Jamsosteknya?

Jawab : JHT dapat dicairkan di kantor cabang mana saja asal masa kepesertaan sudah 5 tahun. Besaran JHT yang diterima, prosentasenya tergantung dari upah yang dilaporkan.

  • Fai_achmadi

    kartu jamsostek saya salah penulisan tanggal lahir,penulisan tanggal lahir bukan dari kelalaian saya tapi kelalaian stap kantor,bagaimana memperbaiki tanggalnya