Monday, 19 November 2018

Basel Vs Bayern Muenchen, Menguji Loyalitas

Rabu, 22 Februari 2012 — 13:06 WIB
Basel Vs Bayern Muenchen, Menguji Loyalitas

BASEL (Pos Kota) – Jawara Swiss, Basel akan menyambut kedatangan raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di St. Jakob-Park, Kamis (23/2/2012) dinihari WIB. Ini adalah ujian terhadap loyalitas bintang Basel, Xherdan Shaqiri sebelum hengkang dan bergabung dengan Muenchen, akhir musim ini.

Seperti yang diketahui, Shaqiri dikabarkan sudah sepakat untuk meninggalkan Basel dan bergabung dengan Muenchen, akhir musim ini. Namun sebelum itu terjadi, pemain Timnas Swiss, kelahiran Kosovo itu, harus bisa membuktikan loyalitasnya dan pergi meninggalkan sejumlah kenangan indah bersama Basel. Kesempatan itu kini berada di depan mata, jika Shaqiri mampu membantu Basel melangkah sejauh mungkin di Liga Champions, sekaligus menyingkirkan Muenchen di babak 16 besar.

Pun, itu bukan perkara mudah bagi Shaqiri. “Muenchen adalah tim favorit, mereka akan datang ke Basel untuk menang dan mereka akan tampil sangat berbeda seperti saat bermain imbang tanpa gol menghadapi Freiburg, akhir pekan kemarin. Bagi saya, Muenchen tetap klub terbaik di Jerman. Tapi apakah Jupp Heynckes (pelatih Muenchen) akan marah, jika saya mencetak gol melawan mereka?,” canda Shaqiri, seperti yang diwartakan Bild.

Bayern yang tidak tampil dengan performa terbaiknya saat bermain tanpa gol dengan Freiburg di Bundesliga, akhir pekan kemarin, tetap wajib diwaspadai Shaqiri. Maklum, Basel juga tampil dengan bermodalkan hasil imbang 2-2 saat melawan Young Boys di Liga Super Swiss, akhir pekan kemarin. Apalagi partai final Liga Champions yang rencananya digelar di Allianz Arena (kandang Muenchen), akhir musim ini, kian memotivasi anak-anak asuh Heynckes untuk bisa berada di partai puncak.

Perlu dicatat, Muenchen sukses meraih kemenangan dalam dua leg pada pertemuan terakhir kedua tim di fase grup Liga Champions pada tahun 2010 lalu. Saat itu raksasa Bavarian menang 2-1 pada leg pertama di St. Jakob-Park, sebelum menggilas Basel 3-0 di Allianz Arena pada leg kedua. Sayang, Heynckes kemungkinan tidak membawa Bastian Schweinsteiger, Daniel van Buyten, Breno, dan Diego Contento, akibat cedera. Sementara Basel siap tampil dengan kekuatan penuh.

(junius/sir)

Basel Vs Bayern Muenchen
Kamis (23/2), 02:45 WIB
St. Jakob-Park

REKOR PERTEMUAN:
09-12-10, Muenchen v Basel 3-0 (Liga
29-09-10, Basel v Muenchen 1-2 (Liga

PRAKIRAAN PEMAIN:
Basel (4-4-2): Sommer (kiper); Steinhofer, Abraham, Dragovic, J.Park; Shaqiri, Huggel, G.Xhaka, F.Frei; Streller, A.Frei.
Muenchen (4-2-3-1): Neuer (kiper); Rafinha, Boateng, Badstuber, Lahm; Luiz Gustavo, Alaba; Muller, Kroos, Ribery; Gomez.