Friday, 21 September 2018

Bhineka ITB Juara Adu Strategi Bisnis

Kamis, 23 Februari 2012 — 13:48 WIB
itb-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Tim Bhineka ITB (Institut Teknologi Bandung) keluar sebagai juara lomba adu strategi wirausaha “Danone Trust 2012″ antarperguruan tinggi di Jakarta Kamis. Mereka berhak mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis di Paris, Prancis.

Pada final nasional yang menyisakan lima tim itu, juara kedua diraih tim Rasenditya UI dengan nilai 13, dan juara ketiga disabet tim Mahabarata ITB yang memperoleh 11 poin.

Rudolf Saut, VP HR Danone Aqua, mengatakan, Trust adalah inisiatif global Group Danone. Di Indonesia, Trust lebih dari sekadar kompetisi. “Danone memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan ke dalam praktik bisnis sehari-hari dan memahami fungsi manajemen perusahaan secara kreatif,” kata Rudolf.

Rudolt mengatakan, para juara tersebut berhasil mengungguli  28 tim terbaik seluruh Indonesia. Yakni UGM (3 tim), UI (5 tim), USU (4 tim), Undip (3 tim), Universitas Sam Ratulangi (1 tim), Prasetya Mulya Business School (3 tim), Sekolah Tinggi Manajemen PPM (3 tim), Unpad  (3 tim) dan ITB  (3 tim).

Setiap tim terdiri dari lima mahasiswa mengerjakan kasus bisnis secara online melalui sebuah software yang dibuat khusus oleh Danone, sehingga dapat diakses lewat internet. Setiap tim dituntut  membuat strategi bisnis perusahaan dalam  waktu tiga bulan secara riil selama enam jam.

Peserta harus mampu membuat “SWOT Analysis (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threat)”, menentukan “strategic direction, action plan dan estimasi profit and loss perusahaan” selama tiga tahun ke depan.

“Kami berharap para mahasiswa mendapat keuntungan dari pengalaman yang menarik yang telah dirancang untuk memperluas kemampuan dan memperdalam pemahaman bisnis mereka,” kata Rudolf.

(aby/sir)

Teks Gbr- Tim Bhineka ITB keluar sebagai juara lomba adu strategi wirausaha “Danone Trust 2012” antarperguruan tinggi di Jakarta Kamis. Mereka berhak mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis di Paris, Prancis. (aby)

  • adi indra

    selamat ya