Saturday, 17 November 2018

Ketua TP-PKK Mampang Prapatan

Pacu Warga Tingkatkan Ekonomi

Kamis, 23 Februari 2012 — 11:34 WIB
cmt

PEMBERDAYAAN ekonomi mikro menjadi salah satu prioritas yang digeber Tim Penggerak (TP)-PKK Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Hal ini penting untuk menunjang suksesnya visi dan misi 10 program pokok PKK yang bertujuan menyejahterakan masyarakat. Sekaligus mengasah kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan hidup bagi para warga agar tercipta lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan tentu sehat.

“Kader PKK sebagai motor penggerak pembangunan yang berbasis warga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga, salah satunya melalui usaha pemberdayaan ekonomi mikro,” ujar Ketua TP-PKK Kec. Mampang Prapatan, Laila Saphira Murni A. Irwanto, S. Sos saat mengunjungi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Lestari di RW 03 Kelurahan Kuningan Barat, Senin (20/2).

Camat Mampang Prapatan, Agus Irwanto dan Lurah Kuningan Barat, Fachruddin juga ikut berkunjung ke kawasan unggulan Kec. Mampang Prapatan ini.

Adapun 10 program pokok PKK lanjutnya, meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pendidikan dan keterampilan. Sandang, pangan, perumahan dan tata laksana rumah tangga, kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup. Serta perencanaan sehat dan pengembangan kehidupan berkoperasi.

Laila yang juga istri Camat Mampang Prapatan, Agus Irwanto mengatakan pihaknya kini memacu para warga di 5 kelurahan mulai Kuningan Barat, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Tegal Parang dan Bangka untuk aktif di bidang ekonomi mikro alias usaha kelas rumah tangga dalam berbagai bidang yang telah dijalankan selama ini. Jika sudah terbentuk, diharapkan dapat berkembang dan bahkan menjadi unggulan di satu kawasan.

PRODUK UNGGULAN

“Kami merencanakan minimal masing-masing wilayah memiliki produk unggulan ataupun ketrampilan khusus yang bisa lebih menyejahterakan warga itu sendiri. Serta menjadi inspirasi bagi wilayah lainnya untuk berusaha keras,” tandas PNS yang bertugas di Pemprov DKI Jakarta ini.

Untuk lebih memotivasi para warga di 5 kelurahan, baru-baru ini PKK Kec. Mampang Prapatan mengadakan lomba 10 program pokok PKK. Salah satu pemenang yakni Kelurahan Kuningan Barat sebagai juara lomba pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) diwakili RW 03. Di RW tersebut berdiri UP2K Lestari yang dimotori Lasmi dan kawan-kawan dengan produksi jamu gendong siap saji.

Ia pun bertekad akan memajukan kiprah usaha mikro jamu gendong siap saji dengan merangkul instansi terkait. Mulai dari permodalan, produksi termasuk pelatihan dan ketrampilan hingga pemasaran agar produk bisa lebih dikenal masyarakat luas.
“Untuk menunjang rencana ini kami sangat mengharapkan bantuan dan dukungan dari instansi pemerintah hingga kalangan swasta,” tuturnya.

(rachmi/g/soes)

Foto: Ketua TP-PKK Kec. Mampang Prapatan, Laila Saphira Murni A. Irwanto, S.Sos (Rachmi)