Tuesday, 18 September 2018

Tips

Ban Mobil Kempes

Selasa, 28 Februari 2012 — 9:10 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SERINGKALI pengemudi tidak langsung menyadari ketika ban mobilnya kempes terutama ban belakang. Kalau ban depan stir pasti lebih terasa. Bahkan ada kalanya ban mobil sebenarnya tidak bermasalah (kempes) tapi tiba-tiba ada yang berterik-teriak ban mobilnya kempes. Padahal itu harus diwaspadai hal itu sangat mungkin dilakukan orang-orang yang akan berbuat jahat.

Kondisi ban kempes yang tidak cepat disadari biasanya terjadi ketika laju kendaraan tidak terlalu kencang. Atau sedang berjalan di perkampungan atau jalannya tidak terlalu baik. Perubahan gerakan mobil biasanya memang kurang diperhatikan.

Untuk mengenai ban mobil kempes, biasanya tarikannya berat, bahkan nyaris sulit bergerak. Kalau memang tidak merasakan tarikan berat juga, bila ban benar-benar sudah kempes kendaraan pasti agak miring dan oleng saat dipaksa jalan. Bisa juga kalau mobil tetap bisa jalan akan timbul suara gemuruh yang tidak seperti biasanya.

Bila  hal itu terjadi sebaiknya segera menghentikan kendaraan lalu meminggirkan ke tepi karena pasti ada masalah. Bila anda terlalu lama tidak menyadari kondisi ini ban dipastikan akan rusak, bahkan robek. Bisa-bisa velk kesayanagn juga bisa rusak.

Jadi cermati laju kendaraan termasuk jangan terlalu mudah percaya dengan orang yang memberitahukan bahwa ban mobil anda kempes. Demi keselamatan hati-hati di jalan dan rasakan perubahan keadaan kendaraan.

(untung/sir)

 

Foto Ilustrasi