Friday, 17 November 2017

Jamsostek Siap Lindungi TKI di Luar Negeri

Selasa, 28 Februari 2012 — 17:01 WIB
sotek282

JAKARTA (Pos Kota) – PT Jamsostek siap berikan perlindungan dasar jaminan sosial kepada tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Ini sesuai an perintah UU SJSN yang akan diberlakukan nanti. Demikian Dirut PT Jamsostek Hotbonar Sinaga usai menyerahkan bantuan ambulan trauma center pada Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Selasa sore.

Menurutnya, Jamsostek akan membahas mekanisme pengumpulan iurannya dengan perusahaan. Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). “Tapi kita hanya tangani perlindungan sosialnya saja ya, bukab asuransinya. Asuransinya biar pihak ahlinya yang tangani,” kata Hotbonar didampingi Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat.

Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat mengungkapkan, beberapa waktu lalu PT Jamsostek juga sudah terlibat dalam perlindungan TKI. Namun karena dianggap melanggar ketentuan Undang-Undang, maka pelaksanaannya dihentikan.

“Jika sudah ada regulasi yang jelas, BNP2TKI siap bekerjasama dengan Jamsostek untuk memberi perlindungan jaminan sosial kepada TKI,” jelas Jumhur.

“Sebentar lagi UU No.39 tahun 2004 tentang Perlindungan dan Penempatan TKI akan direvisi. Mudah-mudahan ini bisa diatur dalam pasal-pasalnya.

Tentang bantuan ambulance kepada BNP2TKI, Hotbonar mengatakan merupakan bentuk kepedulian sosial Jamsostek kepada TKI. “Ambulance ini pasti banyak manfaatnya bagi TKI yang sakit saat tiba di bandara. Jamsostek siap memberikan tambahan bantuan ambulance secara bertahap.(Tri/b)

Teks Foto : Dirut Jamsostek serahkan bantuan ambulan pada BNP2TKI yang diterima Kepala BNP2TKI Moh. Jumhur Hidayat.(Tri)