Tuesday, 18 September 2018

Menhub Keluarkan Izin, Pemkot Cilegon Punya Badan Usaha Pelabuhan

Jumat, 2 Maret 2012 — 16:42 WIB
abdul-hakim

CILEGON (Pos Kota) – Keinginan Pemkot Cilegon untuk memiliki Badan Usaha Pelabuhan (BUP) terpenuhi setelah Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan menandatangani surat keputusan BUP untuk PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PT PCM). PT PCM adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Cilegon.

Sekretaris Kota (Sekot) Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis, mengatakan surat izin BUP tersebut akan dikirim ke PT PCM pada Senin (5/3) mendatang. “Izin BUP itu sudah lama kita ajukan dan akhirnya BUP sudah bisa dimiliki,” ungkap Abdul Hakim, kepada wartawan, Jumat (2/3/2012).

Dengan telah memiliki izin BUP, kata Abdul Hakim, maka keuntungan-keuntungan yang diperoleh adalah bisa menyelenggarakan usaha pelabuhan sendiri di seluruh nusantara. “Kalau nanti pelabuhan milik Pemkot Cilegon jadi, maka sudah bisa menyelenggarakan usaha kepelabuhan yang statusnya sudah sama dengan pelabuhan KBS (PT Krakatau Bandar Samudra) milik PT Krakatau Steel,” ujarnya.

Setelah ini, lanjutnya, pembangunan pelabuhan milik Pemkot Cilegon sudah mendapatkan dukungan kuat, yakni sudah diterimanya BUP ini. “Untuk memiliki BUP ini kan bukan hal mudah, karena butuh memberikan keyakinan kepada kementerian perhubungan. Kini BUP sudah disahkan dan patut disyukuri karena berimbas pada keuntungan daerah,” Sekot menandaskan.

Pernyataan yang sama juga dikatakan Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi. Kata Walikota, dengan disetujuinya BUP, semangat untuk membuat pelabuhan semakin kuat dan jika pelabuhan sudah jadi, maka akan ada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) karena sudah memiliki BUP.

“BUP sudah didapat dan ini patut disyukuri. Cilegon melalui BUMD kita PT PCM sudah bisa menyelenggarakan usaha kepelabuhan di nusantara. Saya meyakini bahwa setelah pelabuhan dibuat akan ada peningkatan PAD secara signifikan,” ujar Walikota.

(haryono/sir)