Tuesday, 21 August 2018

Diplomat Arab Dibunuh di Bangladesh

Rabu, 7 Maret 2012 — 17:44 WIB
Arab Diplomat2

DHAKA – Pihak berwenang Bangladesh mengatakan orang bersenjata yang tidak dikenal, menembak mati seorang diplomat Arab Saudi, Selasa (6/3) pagi di jalan ibukota Bangladesh, Dhaka.

Polisi mengatakan mereka menemukan Khalaf al-Ali, pejabat kedutaan Arab Saudi di Dhaka, ditembak di dada dekat rumahnya di perumahan Gulshan. Ia kemudian dibawa ke RS dan meninggal.

Pihak berwenang sedang menyelidiki kejadian seputar kematian diplomat itu.

Pejabat polisi senior mengatakan kepada kantor berita Perancis, diplomat Saudi itu tinggal sendirian di perumahan itu selama bertahun-tahun dan sering berjalan kaki di malam hari.

Pejabat itu juga mengatakan penjaga keamanan di sebuah rumah melihat seorang lelaki yang langsung kabur mengendarai mobil setelah penembakan itu, tapi tidak pasti apakah ada orang lain di dalam mobil itu.

Kementrian luar negeri Arab Saudi mengkonfirmasi serangan itu dan mendesak pemerintah Bangladesh untuk meningkatkan keamanan bagi staffnya di Bangladesh.

Jenazah Khalaf Al-Ali, sekretaris kedua di kedutaan  Arab Saudi, didorong ke kamar mayat Rumah Sakit Medis  Dhaka College Selasa. Seorang pria bersenjata tak dikenal menembak mati pejabat itu, kata polisi. (Reuters)

Bangladesh, negara yang mayoritas penduduknya Muslim memiliki hubungan erat dengan Arab Saudi. Negara teluk itu adalah tujuan utama bagi banyak pekerja migran Bangladesh.

Meski demikian hubungan antara kedua negara tegang bulan Oktober lalu ketika pihak berwenang Arab Saudi mengeksekusi delapan pekerja Bangladesh karena dituduh terlibat dalam perampokan bersenjata yang mengakibatkan kematian seorang penjaga keamanan Mesir. (VoAnews/dms)