Senin, 12 Maret 2012 09:09:30 WIB

Prajurit TNI Patroli Bersama Tentara Lebanon

banon-sub

LEBANON (Pos Kota) – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt) melaksanakan patroli Counter Rocket Lounching Operation (CRLO) bersama dengan pasukan tentara Lebanon LAF (Lebanese Armed Force) disekitar area Kompi Chetah UN Posn 9-2, Az Ziqqiyah, Minggu (11/3/2012).

Patroli yang diberi sandi CRLO 466 ini dilaksanakan untuk menjaga agar wilayah Indobatt, terutama disekitar sungai Litani River Area Kompi C aman dari upaya-upaya peluncuran roket oleh kelompok tertentu ke wilayah Israel.

Waktu dan rute pelaksanaan CRLO ditentukan oleh satuan atas, dalam hal ini Sektor Timur UNIFIL kepada Indobatt. Pelaksanaan patroli dibagi 2 (dua) chek point, start diawali dari Markas Kompi C UN Posn 9-2 menuju chek point-1 di daerah Alman, tempatnya merupakan ketinggian di atas sungai Litani River.

Setelah berhenti sekitar 15 menit di chek point pertama, patroli dilanjutkan menuju chek point-2 yang rutenya melewati beberapa perkampungan penduduk antara lain Al Qusayr, Ett Taibe dan Deir Siriane, begitu juga rute kembali mengambil arah sebaliknya.


Pelaksanaan patroli dilaksanakan selama 4 jam, dimulai pukul 14.00 LT hingga 17.00 LT. Adapun kendaraan yang digunakan prajurit Indobatt saat pelaksanaan patroli yaitu kendaraan tempur jenis BTR-80, dengan jumlah personel 10 orang dipimpin oleh Komandan Tim Lettu Mar Arifin Manalu, sedangkan dari LAF menggunakan Mobil jeep jenis Amphibi dengan jumlah personel 8 orang dipimpin Lettu Habiib dari Batalyon 82/Brigade 8 LAF.


Pelaksanaan patroli hingga batas waktu yang telah ditentukan berjalan dengan aman dan lancer, tidak ada tanda-tanda kegiatan yang mencurigakan ditemukan disekitar area operasi Indobatt. Turut serta pada pelaksanaan patroli kali ini, Wakil Komandan Satgas Indobatt Letkol Mar FJH. Pardosi.

Menurut Wadansatgas Indobatt, usai pelaksanaan patroli mengatakan, “untuk memberikan semangat dan moril anggota dalam melaksanakan tugasnya, saya, Komandan Satgas ataupun Perwira Staf lainnya sesekali akan ikut mereka dalam melaksanakan patroli,” ungkapnya.

Selain melaksanakan patroli CRLO, Indobatt bersama LAF juga melaksanakan kegiatan patroli lainnya yaitu ADP (Area Domination Patrol) dan Foot Patrol yang rutin dilaksanakan, sesuai perintah dari Sektor Timur UNIFIL.

Authentikasi:
Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/Unifil
Lettu Inf Suwandi

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.