Monday, 24 September 2018

Tips

Motor Sesuaikan Ukuran Badan

Selasa, 13 Maret 2012 — 11:44 WIB
lelang-motor

BANYAK  yang bilang motor matik umumnya lebih boros bahan bakar dibandingkan motor manual keluaran terbaru. Hal ini kemungkinannya karena putaran mesin (gas) yang tinggi untuk angkatan pertama. Tidak itu saja putaran ban juga tinggi ketika gasnya besar dalam angkatan pertama.

Fan belt penggerak sebagai pengganti rantai juga cepat aus apalagi jika bebannya selalu lebih berat dari keadaan normal. Misalnya pengendara motor yang berat badannya mendekati 100 kg atau bahkan lebih, dipastikan akan mempercepat komponen-komponen gerak pada sepeda motor.

Misalnya saja ban, vent belt, rem dan juga BBM yang lebih boros. Dengan beban yang besar diperlukan tenaga yang besar pula. Tak jarang untuk sepeda motor metik, bila keberatan beban, vent belt akan berputar kencang saat angkatan pertama dan berbunyi seperti roda slip.

Karena itu, untuk lebih hemat, bagi orang yang merasa badannya besar dengan berat badan mendekati atau bahkan melebihi 100 kg, sebaiknya menggunakan  motor yang ukurannya lebih besar. Jangan memaksakan diri menggunakan motor kecil, nanti malah di sebut orang sok imut.

Misalnya dengan berat badannya lebih dari 100 kg tetapi naik motor metik yang modelnya relative kecil seperti Yamaha Mio atau Honda Blitz. Bukannya motor-motor itu tidak kuat,  tetapi pastikan pilihan motor anda menyesuaikan dengan berat  badan. Itu lebih efektif  dan hemat biaya, baik untuk keseharian maupun perawatan.

(setiawan/us)