Saturday, 26 May 2018

Perusahaan Asing Wajib Sertakan Karyawan Ikut Jamsostek

Selasa, 13 Maret 2012 — 13:56 WIB
jam133

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS ke nomor 0821148790749 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com setiap hari

1. Pertanyaan : Jika peserta Jamsostek melahirkan melalui operasi caesar, apakah akan mendapat penggantian biaya?

Jawab : Sepanjang peserta tersebut diikutkan dalam program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) maka peserta atau isteri peserta yang melahirkan baik normal ataupun caesar akan mendapat penggantian biaya sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Pertanyaan : Saya peserta Jamsostek sejak tahun 1998. Untuk mengajukan PUMP (pinjaman uang muka perumahan) apa bisa dilakukan secara pribadi (tidak kolektif dari kantor, karena kantor tidak membuka pinjaman untuk kredit rumah), Dan bagaimana prosedurnya bila mengajukan secara pribadi.

Jawab : Anda cukup minta surat pengantar dari perusahaan Anda bekerja untuk pengajuan PUMP ke kantor Jamsostek yang selanjutnya akan memberikan surat rekomendasi ke bank.

3. Pertanyaan :Bisakah PT Jamsostek memberi pinjaman dana tunai melalui bank , namun bukan untuk pinjaman uang muka perumahan (PUMP) tapi untuk keperluan lain.

Jawab: Sesuai peruntukkannya, dana PUMP diberikan bagi peserta program yang telah memenuhi syarat kepesertaan 1 tahun untuk perumahan dan tidak diberikan tunai untuk keperluan lain.

4. Pertanyaan : Butuh waktu berapa lama untuk mencairkan Jamsostek setelah di PHK?

Jawab: Sesuai ketentuan yang berlaku, pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek baru bisa dilakukan jika masa kepesertaan sudah 5 tahun 1 bulan, saat pekerja sudah tidak bekerja lagi atau pensiun.

5. Pertanyaan : Apa syaratnya membuat kartu baru karena kartu saya hilang. Dan bagaimana caranya mendapatkan pinjaman perorangan?

Jawab : Membuat laporan kehilangan kemudian minta personalia perusahaan mengurus ke kantor Jamsostek untuk membuat kartu yang baru. Pinjaman dana bagi peserta adalah pinjaman uang muka perumahan (PUMP) dan renovasi rumah yang pengujuannya dikoordinir perusahaan atau langsung ke jamsostek untuk mendapat surat rekomendasi ke bank.

6.Pertanyaan : Saya bekerja di perusahaan asing dengan agen rekruitmen berbendera Indonesia, namunn tidak disertakan dalam program Jamsostek. Apakah perusahaan melanggar?

Jawab: Setiap pekerja baik di perusahaan asing ataupun nasional berhak mendapat perlindungan Jamsostek. Perusahaan tempat Anda bekerja jelas melanggar UU No.3 tahun 1992 tentang Jamsostek. Anda dapat melaporkan hal ini ke kantor dinas tenaga kerja setempat.

7.Pertanyaan : Bagaimana cara mencairkan Jamsostek jika memiliki dua kartu kepesertaan.

Jawab: Kedua kartu peserta Jamsostek tersebut mempunyai nilai nominal masing-masing yang jaminan hari tua (JHT) dapat dicairkan jika peserta sudah tidak bekerja lagi dengan syarat kepesertaan minimum 5 tahun 1 bulan.