Friday, 16 November 2018

Di Pameran Berlin, Jerman

Indonesia Raih Transaksi Pariwisata Rp 2,8 Triliun

Selasa, 20 Maret 2012 — 0:30 WIB
matri193

INDONESIA sukses mencetak rekor transaksi pariwisata sekitar Rp2,8 triliun dalam pameran pariwisata internasional (Internationale Tourismus Borse/ITB) 2012 pada 7-11 Maret di Berlin, Jerman. Sukses tersebut merupakan momentum mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak delapan juta orang tahun ini.

“ITB Berlin adalah `platform` yang tepat untuk melakukan promosi pariwisata Indonesia. Dari hasil yang dicapai tahun ini, kami akan melakukan evaluasi untuk menentukan strategi promosi untuk tahun depan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari E Pangestu.

Pada tiga hari pameran khusus untuk transaksi bisnis, 62 perusahaan Indonesia yang mengikuti pada ajang ITB Berlin tersebut menghasilkan rata-rata 28 perjanjian (appointment). Dari jumlah itu, diperoleh ekspektasi jumlah wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia 208.061 orang, dengan ekspektasi pengeluaran (expenditure) sebesar 311 juta dolar AS atau senilai Rp2,8 triliun.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan 2011 sebesar Rp1,7 triliun. Mari E Pangestu menilai keberhasilan tersebut merupakan hasil dari peningkatan kualitas informasi dan promosi pariwisata dari paviliun Indonesia pada ITB Berlin 2012. Tahun ini Indonesia juga mendapat penghargaan nomor tiga sebagai The Most Favorite Destination in Asia, setelah Thailand dan Singapura.

“Persaingan antarnegara dan antardestinasi pariwisata sekarang semakin ketat, karena itu kami harus lebih cermat dan fokus dalam mempromosikan keunggulan kompetitif pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauh Mari Pangestu mengatakan tahun depan persiapan untuk ITB Berlin 2013 harus dilakukan dari sekarang, mengingat tahun depan Indonesia menjadi “Official Partner Country” ajang tersebut. “Untuk itu peserta dari Indonesia telah sepakat agar keberadaan dan tampilan tahun depan menjadi satu kesatuan, seperti yang ditampilkan negara lain,” terangnya.

Tahun depan Indonesia, lanjut Mari, juga akan menjadi tuan rumah pembukaan ITB 2013 yang merupakan acara puncak pameran pariwisata dunia tersebut. ITB Berlin yang diadakan untuk ke-46 kalinya tahun ini merupakan salah satu pameran perdagangan pariwisata terbesar di dunia, dengan 14 ribu peserta dengan total pengunjung tahun lalu mencapai 169.295 orang.

Sebelumnya Mari dalam kunjungannya ke International Tourism Bourse (ITB) Berlin mengatakan, warga Jerman peminat wisata di Indonesia lebih banyak dari tahun sebelumnya. Mari mengatakan, stand Indonesia padat pengunjung. “Di Berlin cukup ramai, tahun ini lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Kita harapkan akan baik hasilnya,”ujar Mari.

Direktur Promosi Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya menambahkan pesaing dari negara lain mampu mengemas produk pariwisata dengan lebih menarik. Hal itu menjadi tantangan bagi para pemangku kepentingan dalam industri pariwisata Indonesia agar lebih kreatif dalam mengemas produk yang akan ditawarkan. (aby)

Teks : Mari Elka Pangestu