Sunday, 18 November 2018

Penanganan Dugaan Korupsi di PNPM Sukabumi Mandek

Selasa, 20 Maret 2012 — 15:23 WIB
sukabu203

SUKABUMI (Pos Kota) – Proses penyelidikan tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibadak terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dipertanyakan warga. Pasalnya hingga kini, penyidik belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Harapan warga untuk mempercepat penanganan kasus PNPM cukup beralasan. Pasalnya, proses hukum yang tengah bergulir di kejaksaan menghambat panyaluran dana PNPM ke Kecamatan Caringin.

Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Caringin, Epi Gunawan mengharapkan pengusutan kasus PNPM di wilayahnya dipercepat. Menurutnya, kepastian hukum merupakan salah satu syarat untuk mencabut penghentian penyaluran dana PNPM ke Kecamatan Caringin.

“Sekarang dana PNPM terpaksa dihentikan sementara karena adanya dugaan penyalahgunaan dana yang dilakukan oknum unit pengelola kegiatan (UPK) pada 2010 lalu. Dana PNPM MP untuk Kecamatan Caringin pada waktu itu mencapai sebesar Rp 2,4 miliar. Kami minta agar kejaksaan segera mengusut tuntas kasus itu,” pinta Epi kepada wartawan, Selasa (20/3).

Dijelaskan Epi, pada 2011 lalu Kecamatan Caringin seharusnya memperoleh dana PNPM sebesar Rp 3 miliar. Akan tetapi, dana PNPM itu tidak jadi disalurkan karena pelaksanaan PNPM MP di Caringin bermasalah.

“Akhirnya warga yang menjadi korban karena sejumlah program terbengkalai dilaksanakan,” terangnya.

Fasilitator PNPM Kabupaten Sukabumi, Asep Ahmad menegaskan apabila kasus hukum belum tuntas, maka dana PNPM belum bisa disalurkan. Akibatnya, dana PNPM untuk alokasi 2011 lalu dikhawatikan hangus apabila belum terlaksana hingga batas waktu pencairan yakni April mendatang.

Seperti diketahui, dari hasil penyelidikan sementara diindikasikan penyelewengan dana PNPM mulai 2007 hingga 2011 di Kecamatan Caringin sebesar Rp700 juta sampai Rp 1 miliar lebih dari total anggaran Rp10,3 miliar.

Terungkapnya kebocoran dana PNPM itu setelah tim penyidik memeriksa puluhan saksi, mulai pengurus hingga para kepala desa di Kecamatan Caringin. (sule)

  • Epi Gunawan

    trimakasih atas di muat nya berita ini…smoga harapan masyarakat caringin bisa segera direalisasikan demi tercipta dan terwujudnya pembangunan di kecamatan caringin,EPI GUNAWAN ketua BKAD PNPM kec Caringin

  • Pnpm_talagaCSMI

    Seperti ini lah penanganan korupsi di Negri
    AKU, uang Milik AKU, Keadilan gimana AKU, padahal diluar banyak AKU-AKU yang dirugikan. Strory Brillant