Kamis, 22 Maret 2012 11:21:09 WIB

Empat Tahun Vakum, Dewan Kota Diadakan Lagi

dewan223

KEMBANGAN (Pos Kota) – Pemilihan Anggota Dewan Kota di wilayah DKI Jakarta,tinggal menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta. Sedang Peraturan Daerahnya sudah diterbitkan No 6 tahun 2011 dan telah diundangkan 15 November 2011.”Pemilihan Dewan Kota nanti lebih ditentukan oleh DPRD DKI, ini yang banyak menjadi pertanyaan peserta sosialisasi perda tersebut.Selasa lalu.”kata Anggota Dewan Kota Jakarta Barat, Indra Subagio.

Karena bakal calon yang diusulkan dari tingkat kelurahan, kecamatan, tingkat kota baru kemudian disetujui DPRD DKI Jakarta. Semua bakal calon seperti di Jakarta Barat ada 578 RW dari 56 kelurahan, maka 578 balon Dewan Kota ini diselektif melalui Panitia Pemilih Kelurahan (PPK) yang terdiri dari Ketua LMK, dua tokoh masyarakat dan unsur PNS /pemerintah.

Balon yang lolos ditingkat kelurahan hanya dipilih seorang, kemudian diselektif melalui kecamatan sampai ditingkat kota melalui Panitia Pemilihan Dewan Kota (PPDK) terdiri dari 3 unsur perguruan tinggi, 2 unsur organisasi profesi dan 2 unsur LSM.

Dari 56 balon tersebut dibawa ke DPRD DKI Jakarta, Untuk memperoleh persetujuan dari 56 balon hanya 8 orang.”Satu kecamatan ada yang sampai 11 balon, jika DPRD tidak setuju dengan orang yang dikretaria nomor satu, kemudian DPRD menyetujui balon yang urutan ke 11 maka akan timbul masalah.”Tidak menutup kemungkinan balon itu sesuai atau tidak dengan partainya, atau disenangi atau tidak. Ini yang masih menjadi perdebatan.dikhawatirkan bernuansa politis.”katanya.

EMPAT TAHUN VAKUM

Indra mengakui Perda Dewan Kota No 6 tahun 2011 merupakan penyempurnaan dari Perda No 7 tahun 2001, Dewan Kota yang ada sampai kini seharusnya sudah berakhir tahun 2008.”Tapi karena Perda itu masih berproses dan baru selesai tahun 2011 maka Dewan Kota masih tetap eksis sampai pergantian Dewan Kota yang baru tahun 2013.”ucapnya.

Untuk Dewan Kota yang baru nanti, pengukuhannya akan dilakukan masing-masing Walikota. Sedang sebelumnya dikukuhkan Gubernur DKI Jakarta. (herman)

Teks :Dewan Kota Jakarta Barat, Indra Subagiyo,

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.