Situ Gintung Obyek Wisata Liburan

Sabtu, 24 Maret 2012
gintung-sub

PAMULANG (Pos Kota) – Keberadaan waduk atau Situ Gintung, Ciputat, Pamulang ternyata tak hanya menjadi penampung air saja tapi belakangan khususnya saat hari libur banyak dimanfaatkan warga sekitar dan perbatasan untuk rekreasi atau bersantai. Walaupun kondisinya masih belum banyak tanaman penghijauan tapi tetap banyak didatangi warga khususnya anak muda.

“Sejak selesai direhab dan diperbaiki suasana sekitar Situ Gintung tak lagi seram terlebih saat hari libur besar maupun Sabtu dan Minggu banyak warga yang dating hanya untuk bersantai dan berkiling melihat-lihat kondisi yang ada,” kata Umar, warga di kawasan Situ Gintung, Ciputat, Pamulang, Sabtu (24/3/2012).

Menurut dia, keberadaan danau atau situ yang sempat membuat heboh beberapa tahun lalu dengan banjir bandang akibat tanggul jebol kini malah berubah menjadi salah satu obyek wisata baru bagi warga sekitar dan lainnya.

Setiap hari libur khususnya Sabtu dan Minggu terlebih sore hari selalu penuh dengan warga yang membawa anak dan keluarga untuk berkeliling. Untuk remaja jangan ditanya lagi hamper sebagian besar yang dating dan bersantai duduk di jalan setapak di atas tanggul kalangan remaja.

Ny. Rini, warga Pondok Cabe, Ciputat, mengatakan senang dengan kondisi Situ Gintung yang kini sudah berubah sama sekali dari dulunya hanya berupa kantong air atau situ saja tapi sekarang bisa menjadi obyek wisata baru yang murah meriah.


“Terlebih ada jogging trek atau jalan setapak sekeliling situ,” tuturnya yang berharap ada penambahan penanaman pohon pelindung di sekitar lahan yang kosong sehingga tak terkesan gersang tapi sejuk dan rindang.

Tak hanya untuk kegiatan mencuci pakaian saja tapi beberapa anak kecil juga mencoba bermain atau mandi di sekitar aliran air dari situ tersebut. Bahkan, beberapa warga lainnya sibuk memancing dengan mencari lokasi yang bias dipakai untuk bersantai.

Lukman, warga Ciputat, mengaku hamper seminggu tiga kali dirinya memancing di lokasi ini dan kebetulan ikan yang didapat lumayan banyak dari jenis ikan mujair. “Maklum beberapa bulan lalu sempat ditebar benih ikan oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany,” tuturnya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, beberapa waktu lalu, mengatakan hendaknya warga sekitar dan pengunjung yang dating ke lokasi ini hendaknya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tak membuang sampah di situ Gintung.

“Tolong rawat dan pelihara kondisi situ agar tetap bersih dan nyaman sehingga mereka yang ingin rekreasi atau bersantai di sekitar situ bias menikmati suasana yang asri serta indah setelah lokasi ini diperbaiki atau dipugar,” ujarnya.

(anton/sir)

Teks Gbr- Sejumlah warga Kota Tangsel dan sekitarnya saat bersantai di pinggir Situ Gintung. (anton)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.