Senin, 26 Maret 2012 17:13:47 WIB

Aspers Panglima TNI Buka Rakornis Bintal

puspen-sub

JAKARTA (Pos Kota) –   Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda TNI Bambang Wahyudi, S.I.P. secara resmi membuka Rakornis Bintal TNI tahun 2012, berlangsung di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (26/3/2012).

Penyelenggaraan Rakornis Bintal TNI yang diawali dengan laporan kesiapan Kapusbintal TNI Brigjen TNI Drs. Ma’sum Amin, M.Pd., tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan kesamaan visi, misi dan persepsi Bintal di seluruh satuan jajaran TNI, sesuai temanya yaitu “ Melalui Rakornis Bintal TNI Tahun 2012, Kita Tingkatkan Kinerja Perwira Bintal Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Menurut Aspers Panglima TNI, tema Rakornis Bintal TNI  tersebut mengisyaratkan adanya sikap tanggap segera dan respon proaktif para Perwira Bintal TNI secara umum, dalam menyikapi situasi dan kondisi serta perubahan yang senantisa terjadi setiap saat. Karena sikap tanggap dan respon yang proaktif merupakan refleksi atau pancaran dari niat, tekat dan semangat untuk berbuat dan berkarya yang terbaik. Dengan demikian maka Komunitas Bintal TNI akan menjadi lebih realistis dan obyektif dalam melaksanakan tugas pokoknya. Tema tersebut hendaknya dapat dijadikan landasan motivasi seluruh komunitas pembina mental TNI, untuk meningkatkan sinergitas dan kinerjanya dalam mendukung tugas TNI secara keseluruhan.

Pembinaan mental TNI merupakan bagian dari pembinaan personel TNI terhadap implementasi dari pembinaan kemampuan dan kekuatan TNI, yang bertujuan agar setiap prajurit TNI dalam setiap tindakannya senantiasa dilandasi moral, semangat dan kesadaran yang tinggi serta diarahkan untuk membentuk insan prajurit yang bertumpu pada jati dirinya dan terbina secara serasi, selaras dan seimbang antara mental, fisik dan intelektual, sehingga tingkat kemampuan fisik dan intelektual prajurit dapat ditunjang atau diperkuat dengan moralitas dan semangat kejuangan tangguh.

Oleh karena itu, hakekat ketiga unsur mental, fisik dan intelektual merupakan satu kesatuan yang terintegrasi secara utuh dan tidak dapat dipisahkan. Pembinaan mental prajurit TNI dilaksanakan secara selaras, serasi dan seimbang serta terintegral yang meliputi fungsi Bintal Rokhani, Bintal Ideologi, Bintal Tradisi Kejuangan dan Bintal Psikologi. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab para unsur Pimpinan Satuan dibantu para Pabintal, guna meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan pembinaan mental secara terprogram, terpadu dan berkesinambungan.

Rakornis yang berlangsung 1 hari, menghadirkan Mayor Jenderal TNI Langgeng Sulistiyono, Sesmenkopolhukam RI (mantan Aster Panglima TNI) sebagai nara sumber dan paparan oleh Kadisbintal TNI AD, Kadisbintal TNI AL dan Kadisbintal TNI AU serta diikuti 109 orang peserta terdiri dari Pusbintal TNI 24 orang, Bintal TNI AD 30 orang, Bintal TNI AL 23 orang, Bintal TNI AU 20 orang, unsur Bintal Mabes TNI/Kemhan RI 12 orang dan ditambah peninjau 14 orang.

Authentikasi:
Kadispenum Puspen TNI
Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc., M.Si., M.A.

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.