Thursday, 15 November 2018

Gebyar Budaya Melayu 2012

Gelar Lomba Lagu Hingga Pantun Sampai Busana

Rabu, 28 Maret 2012 — 11:43 WIB
kom

SEBAGAI salah satu upaya untuk memasyarakatkan MABIN di masyarakat, Perhimpunan MABIN DKI Jakarta dalam waktu dekat rencananya  menggelar kegiatan “Gebyar Budaya Melayu 2012”. Program jangka pendek ini diharapkan dapat menjadikan eksistensi dan keberadaan MABIN diakui masyarakat.

Ketua Pengurus Wilayah Perhimpunan MABIN DKI Jakarta, Dr. H. Saefullah M.Pd menjelaskan dalam kegiatan tersebut akan digelar berbagai lomba, seperti lomba menyanyi lagu melayu, membuat atau membaca puisi dan pantun, fashion busana melayu dan lain-lain.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk ikut melestarikan budaya melayu. Jangan sampai seni dan budaya melayu terkikis oleh kemajuan jaman. Sehingga jadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan,” katanya.

Selain itu, juga memberikan bantuan pendidikan atau bea siswa kepada mahasiswa, baik itu dari Jakarta atau yang berasal dari perwakilan wilayah lain misalnya dari Sumatera, Riau dan lain-lain. Di mana mereka menimba ilmu di DKI Jakarta.

Dalam kepengurusan MABIN sebelumnya juga telah dilaksanakan beberapa program, diantaranya titian muhibah ke MABIN di provinsi lain, silaturahmi antar masyarakat melayu, halal bi halal dan lain-lain.

MAHASISWA
Program-program yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan tersebut mengacu pada program yang telah ditentukan di MABIN tingkat pusat atau nasional.  Program kerja tersebut meliputi bidang organisasi, bidang pendidikan dan bidang ekonomi (perdagangan dan keuangan).

Secara nasional bidang organisasi meliputi pendirian sekretariat, sosialisasi, pembentukan pengurus wilayah dan kaderisasi.  Bidang Pendidikan meliputi meningkatkan pendidikan sumber daya manusia masyarakat melayu baru Indonesia, membangun jaringan pendidikan melayu baru Indonesia, pertukaran pelajar/mahasiswa dan guru/dosen, mengembangkan pendidikan dan pemikiran –pemikiran keagamaan yang kontekstual sesuai dengan konteks kemelayuan dan kemodernan, memperluas kerjasama dengan pemerintah daerah dalam pelestarian dan pengembangan budaya melayu terutama dengan menempatkan budaya melayu sebagai muatan lokal kurikulum pendidikan.

Bidang Ekonomi meliputi membangun silaturahmi yang solid dan produktif untuk mengembangkan jaringan bisnis dan kerjasama ekonomi sesama masyarakat Melayu Baru Indoesia hingga tingkat internasional, mengembangkan usaha kecil dan menengah serta koperasi dan sentra-sentra pemasaran produk-produk komoditi dan tenaga kerja masyarakat melayu baru Indonesia, meningkatkan profesionalisme, ketrampilan dan keahlian pelaku bisnis masyarakat melayu baru Indonesia.

(tarta/g)

Teks photo: Fauzi Bowo, Ketua Umum PP MABIN saat melantik pengurus wilayah MABIN DKI Jakarta. (ist/tarta)