Thursday, 15 November 2018

Di bawah Kepempinan H. Fauzi Bowo

MABIN Terus Melebarkan Sayap

Rabu, 28 Maret 2012 — 11:47 WIB
fau

PERHIMPUNAN Masyarakat Melayu Baru Indonesia (MABIN), Merupakan sebuah organisasi yang lahir pada 16 Febuari 2004. Hal ini sebagai manifestasi kesadaran masyarakat rumpun Melayu se-nusantara. Sebanyak 14 utusan dari provinsi sepakat mendeklarasikan MABIN. Mereka berkeinginan untuk membangkitkan dan mengembangkan potensi masyarakat Melayu untuk dapat bersaing dengan kekuatan global lainnya.

Sebenarnya masyarakat melayu mempunyai potensi yang cukup besar untuk bisa berkembang lebih maju. Potensi atau modal dasar tersebut diantaranya sumber daya manusia, sumber daya alam, budaya, agama dan lain-lain. Berbagai modal atau potensi tersebut kalau dikelola dengan baik akan menjadikan MABIN tumbuh kembang dan maju.

Namun, pada sisi lain, masyarakat melayu sampai saat ini sebenarnya masih tertinggal dalam bidang kehidupan. Misalnya ketertinggalan dalam bidang ekonomi yang melahirkan kemiskinan dan kebodohan. Hal ini menjadi lingkaran yang tidak bisa diputus dalam upaya mengangkat harkat dan martabat masyarakat melayu. Sehingga, dengan adanya Perhimpunan MABIN diharapkan seluruh potensi yang ada bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat melayu sendiri.

Di usianya yang ke-8 tahun, MABIN terus berupaya agar keberadaan dan eksistensinya dapat dirasakan oleh masyarakat. Di bawah kepemimpinan H. Fauzi Bowo yang ditetapkan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat MABIN,  organisasi ini terus melebarkan sayapnya. Saat ini telah terbentuk 16 kepengurusan di 16 provinsi. Hal ini  menimbulkan harapan dan optimisme akan berkembangnya organisasi ini.

PENDIDIKAN DAN EKONOMI

Ketua Umum PP MABIN, H. Fauzi Bowo dalam suatu kesempatan menegaskan ada dua program pokok yang akan dilaksanakan, yaitu, pendidikan dan perekonomian. Bidang pendidikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan diwujudkan melalui pemberian beasiswa kepada generasi muda melayu untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi baik di dalam negeri atau luar negeri. Namun, belum semua pendidikan ditangani, tapi dipilih yang lebih penting dan siginifikan dalam rangka mempertahankan budaya melayu.

Sedangkan bidang perekonomian, MABIN ingin meningkatkan perekonomian warga melayu. Di mana fokus mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Demikian halnya dengan Perhimpunan MABIN DKI Jakarta, dibawah kepemimpinan H. Saefullah juga terus berusaha untuk mengembangkan dan melebarnya sayapnya. Caranya dengan melaksanakan program-program yang telah ditetapkan sesuai dengan visi dan misi organisasi ini.

Program-program kerja tersebut telah dibahas dalam rapat kerja beberapa waktu lalu yang bertujuan untuk memakmurkan dan
mensejahterakan masyarakat melayu di DKI Jakarta. Selain itu, agar keberadaannya diakui masyarakat, sehingga MABIN dapat terus berkembang dan kepengurusannya bisa sampai tingkat cabang.

(tarta/g)

Teks photo: Fauzi Bowo, Ketua Umum PP MABIN.