Monday, 16 September 2019

Masih Misterius, Calon Tersangka Korupsi PNPM di Sukabumi

Senin, 2 April 2012 — 18:23 WIB
Kejaksaan

SUKABUMI (Pos Kota) – Calon tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  (PNPM) di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi mulai 2007 hingga 2011  sebesar  senilai 10,3 miliar masih misterius.

Pasalnya, tim kejaksaan hingga kini masih memeriksa sejumlah saksi dalam tahap penyelidikan.

Plh Kepala Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Cibadak, Ni Made Wardani mengakui belum ada tersangka yang ditetapkan dalam kasus tersebut. Namun, pengusutan dengan memeriksa sejumlah saksi masih terus dilakukan.

“Agendanya, minggu ini juga kami akan memeriksa sejumlah saksi. Belum ada penetapan tersangka,” kata Made kepada Pos Kota, Selasa (2/4) siang.
Diindikasikan penyelewengan dana PNPM mulai 2007 hingga 2011  sebesar Rp700 juta sampai Rp 1 miliar lebih dari total anggaran Rp10,3 miliar.

Kerugian negara itu muncul berdasarkan pengakuan dari sejumlah saksi yang telah diperiksa.

Sementara itu, warga Kecamatan Caringin mendesak agar proses penyelidikan kasus PNPM dipercepat. Alasannya, proses hukum yang tengah bergulir di kejaksaan menghambat panyaluran dana PNPM ke Kecamatan Caringin.

Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Caringin,   Epi Gunawan mengharapkan pengusutan kasus PNPM di wilayahnya dipercepat.

Menurutnya, kepastian hukum merupakan salah satu syarat untuk mencabut penghentian penyaluran dana PNPM ke Kecamatan Caringin.

“Sekarang dana PNPM terpaksa dihentikan sementara karena adanya dugaan penyalahgunaan dana yang dilakukan oknum unit pengelola kegiatan (UPK) pada 2010 lalu. Dana PNPM MP untuk Kecamatan Caringin pada waktu itu mencapai sebesar Rp 2,4 miliar. Kami minta agar kejaksaan segera mengusut tuntas kasus itu,” pinta Epi. (sule/dms)

  • Epi Gunawan

    Trimakasih atas terbit dan di muat nya berita ini,smoga segala upaya yg tlh kami lakukan buat masyarakat Kecamatan Caringin tidak akan sia2,salam hormat Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kec.Caringin