Wednesday, 26 September 2018

Tidak Ikut Apel Pagi Tunjangan Dihentikan

Rabu, 11 April 2012 — 0:00 WIB
apelin104

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Disiplin PNS di Pemko Jakarta Selatan untuk mengikuti apel setiap Senin pagi, masih rendah. Sebagai efek jera, bagi PNS yang tidak ikut apel 3 kali berturut-turut akan dihentikan tunjangan kinerja daerah (TKD) selama 3 bulan.

Sekretaris Kota Pemko Jaksel, Usmayadi menjelaskan, setiap minggu jumlah PNS di jajaran ini masih banyak yang mangkir untuk ikut apel.

Jika tidak hadir pertama saat apel, pihaknya akan mengirim surat setiap kepala unit atau bagian untuk menegur PNS itu. Namun jika masih membandel, akan dikenakan sanksi yang lebih berat.

“Bahkan jika memang sudah tidak bisa diperingatkan, kami tak ragu-ragu untuk menghentikan TKD selama 3 bulan berturut-turut. Supaya tidak berdampak buruk untuk PNS lainnya,” ujar Usmayadi.

Ultimatum ini ternyata lumayan jitu dalam menggenjot kalangan PNS untuk lebih rajin mengikuti apel mingguan. Ini terlihat dari jumlah PNS yang ikut apel meningkat dari 500 orang pada Februari menjadi 700 orang pada Maret, adapun jumlah PNS di Jaksel yakni 1035 orang.

Meningkatkan disiplin melalui apel Senin pagi juga digencarkan di kantor kecamatan di Jaksel. Ia pun melakukan sidak di sejumlah kantor kecamatan. Hasilnya justru ada beberapa camat yang tidak disiplin dengan mangkir memimpin apel, padahal seharusnya bisa menjadi contoh bagi anak buahnya. (rachmi/b)

Teks: Ilustrasi PNS apel pagi