Wednesday, 14 November 2018

Sri Mulat Diangkat ke Layar Lebar

Jumat, 13 April 2012 — 23:10 WIB
ilussrimulat

SELAMATKAN Indonesia Dengan Tawa, itu tagline film layar lebar berjudul ‘Finding Srimulat’ yang akan segera diproduksi oleh Magma Entertainment. Itu berarti pula kembali mengangkat Srimulat ke permukaan, karena sejak beberapa tahun lalu Srimulat seakan tenggelam.

Menurut Charles Ghozali selaku sutradara dan penulis skenario, Finding Srimulat terinspirasi dari film animasi sukses Finding Nemo, tentang pencarian jati diri. Film ini pun tentang pencarian pemuda kota pada sebuah kelompok Srimulat yang telah membantu keluarganya dari krisis keuangan.

Sejumlah personel Srimulat senior, di antaranya Djujuk Juwariah, Mamiek, Nunung, Gogon, Tessy, Kadir dan lainnya, ikut berlakon di film yang mulai syuting medio April ini di Solo dan Jakarta. Selain itu juga diperkuat artis non Srimulat, seperti Reza Rahardian, Rianti Cartwright, Nadila Ernesta, Butet Kartaredjasa, Adi Kurdi, Ray Sahetapi dan Nungky Kusumastuti.

Dikatakan Charles, memindahkan media panggung yang membesarkan nama Srimulat ke dalam media film bukan pekerjaan mudah. “Karena sejauh ini personel Srimulat sangat dikenal kaya dengan improvisasi. Sedangkan dalam dunia film, semua sudah terkonsep dalam sebuah skenario,” katanya.

Meskipun demikian, dia tidak menutup kemungkinan untuk membebaskan aktor panggung itu, berimprovisasi di depan kamera, tapi dalam batas kewajaran.

Mamiek, yang pernah mempunyai pengalaman berakting dalam film King mengatakan bahwa dunia panggung dan film adalah dua hal yang berbeda. “Dalam film sepemahaman saya, kerja tim dengan konsep yang matang memegang peranan penting atas berhasil atau tidaknya sebuah film,” katanya. “Jadi tidak hanya skenario, sutradara dan pemainnya saja yang bagus, tapi semua aspek di dalamnya, termasuk aspek seninya,” tambahnya.

Bagi Jujuk dengan dilibatkannya personel Srimulat dalam sebuah proyek film adalah penghargaan besar. “Ini kehormatan bagi Srimulat, karena kami masih diperhatikan,” imbuhnya.(anggara/b)

teks: Personel Srimulat siap berakting di film.(anggara)