Sunday, 23 September 2018

Naskah Soal UN Tiba di Jakarta

Sabtu, 14 April 2012 — 18:36 WIB
unas144

PULOGADUNG (Pos Kota) -Pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMALB dan SMK sudah mulai dilakukan. Pada Sabtu (15/4), Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menerima naskah soal ujian yang akan disebarkan ke 30 rayon di Jakarta untuk pelaksanaan UN tahun ini.

“Tadi pagi kita sudah menerima naskah soal Ujian Nasional untuk pelaksanaan pada Senin, 16 April, besok,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, saat menyambut kedatangan naskah UN di SMKN 26 Jl Balai Pustaka, Rawamangun, Jakarta Timur.

Menurutnya, selain penerimaan naskah di SMK 26, naskah lain yang dibawa dari percetakan PT Pura di Kudus, Jawa Tengah, juga diterima di SMAN 68 Jakarta Pusat, SMAN 70 Jakarta Selatan, SMAN 13 Jakarta Utara, SMAN 78 Jakarta Barat. Rencananya, seluruh naskah akan disistribusikan ke 30 rayon yang tersebar di DKI Jakarta pada Senin (16/4) pagi.

Seluruh naskah yang dalam keadaan masih tersegel dan siapapun tak boleh menyentuhnya , langsung dimasukkan ke gudang untuk dicek dan dihitung ulang jumlahnya. “Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, naskah akan dijaga ketat oleh polisi. Mulai dari gudang percetakan hingga didistribusikan ke sekolah,” ujarnya.

Dikatakan Taufik, seluruh naskah yang tiba di Jakarta sampai saat ini tidak ada yang rusak. Namun bila nantinya ada, akan dicarikan solusi terbaiknya. “Sampai saat ini semua naskah yang tersimpan didalam boks tidak ada yang mengalami kerusakan,” paparnya.

Selanjutnya ia berharap, dalam pelaksanaan UN 2012 ini ada tiga hal yang dicapai. Yakni sukses dalam pelaksanaan, sukses kelulusan siswa dan sukses peningkatan mutu siswa. Ujian Nasional tingkat SMA akan dimulai Senin 16 April hingga 19 April 2012. Adapun mata pelajaran yang akan diujikan pada hari pertama yakni Bahasa Indonesia.

Pada pelaksanaan UN kali ini, siswa SMA dan SMK yang mengikuti UN di Jakarta sebanyak 119.943 yang terdiri 54.779 siswa SMA dan 65.164 SMK. Kemudian jumlah sekolah penyelenggara UN SMA/MA/SMALB dan SMK sebanyak 1.120 sekolah. Terdiri dari 457 SMA, 84 MA, 11 SMALB dan 568 SMK. (Ifand)

Teks : Petugas panitia Ujian Negara Dinas Pendidikan Jakarta tengah memeriksa naskah soal UN yang baru tiba dari Kudus, Jawa Tengah. (Ifand)