Thursday, 19 September 2019

‘Hits Maker’ Rinto Harahap Sudah Susah Bicara

Minggu, 15 April 2012 — 23:35 WIB
Rinto-H

JAKARTA (Pos Kota) – Di tahun 70-an hingga 90-an nama Rinto Harahap sangatlah popular. Selain sebagai penyanyi, pendiri group The Mercys, dia juga menciptakan lagu-lagu hits yang sekaligus mengangkat pamor banyak penyanyi. Tetapi, sejak beberapa tahun lalu Rinto menjadi sosok lemah.

Bersama putri tersayang, Anchi Harahap

Ketika pemerhati musik Bens Leo meminta Rinto Harahap untuk  menyanyi sebait lagu saat jumpa wartawan di bilangan Kebayoran Baru, Rinto tak sanggup memenuhinya. “Ngomong saja susah, apalagai nyanyi,” kata Rinto.

Namun, setelah memaksakan diri menyanyikan sekadarnya nukilan salah satu lagu Tak Ingin Sendiri, semua hadirin memberikan tepuh tangan riuh atas jerih payahnya. Ya, selama menderita stroke, Rinto yang lahir di Sibolga, Sumut, 10 Maret 1949, nyaris tidak dapat menyanyi lagi.

Maka, untuk mengenang kebesaran namanya, konser bertajuk “A Tribute to Rinto Harahap” akan digelar selama dua hari di Bandung pada 21-22 April 2012.

Rinto bersama Agnes Monica dan artis-artis era 1980-90an yang diorbitkan olehnya. (Anggara)

Pada konser nanti, Widya Kristanti Orchestra beserta 21 personil dan 4 backing vocal akan mengiringi sejumlah penyanyi lawas yang pernah diorbitkan Rinto. Seperti Iis Sugianto, yang akan membawakan lagu Seindah Rembulan dan Jangan Sakiti Hatinya.

Betharia Sonata (Kau Tercipta Untukku dan Tak Ingin Sendiri), Christine Panjaitan (Tangan Tak Sampai dan Burung Putih), Rita Butar-Butar (Wanita), Rano Karno (Cinta Bukan Dusta duet dengan Betharia), Tetty Manurung (Jangan Sampai Berpisah), Cindy Claudia Harahap (Rasa Cinta), juga Achi Harahap (Sudah Kubilang).

Selain melibatkan sejumlah penyanyi lawas, pada konser tersebut Rinto juga melibatkan sejumlah penyanyi muda yang sangat dikenal, yakni  Agnes Monica, yang akan menyanyikan tiga lagu. Yaitu lagu Katakan Sejujurnya, Mari Berdansa dan Seandainya Aku Punya Sayap.

Sedangkan Marcell akan membawakan lagu berjudul Seindah Rembulan (berduet dengan Iis Sugianto) dan Aku Begini, Engkau Begitu”.

Sementera Rio Febrian membawakan lagu Wulandari dan Sudah Kubilang (duet dengan Achi).

Ita Purnamasari juga akan turut menyanyi dengan didampingi suaminya, Dwiki Dharmawan. Demikian halnya dengan Andy/rif dan Ovy/rif tak mau ketinggalan akan turut menyanyikan lagu Jangan Sakiti Hatinya.

Intinya pada konser nanti, Rinto akan merangkul dua generasi, “Generasi saya, dan generasi anak saya,” katanya.

Apa yang istimewa dari konser tribute ini? Menurut pemerhati musik Bens Leo, karena sejumlah karya Rinto pernah dibawakan semua penyanyi pop besar di Indoesia. Dari nama Iis Sugianto hingga almarhum Broery Marantika.

“Dia adalah hits maker yang langka dalam industri musik Indonesia,” ujar Bens.

Dalam catatan Bens, sejumlah penyanyi yang pernah diorbitkan Rinto di antaranya adalah Iis Sugianto, Nia Daniati, Eddy Silitonga, Broery Marantika, Betharia Sonata dan Christine Panjaitan. Dan setiap penyanyi itu, melejitkan sejumlah hitnya, seperti Nia Daniati pernah melejitkan lagu Aku Siapa Yang Punya, dan Gelas-Gelas Kaca.

Christine Panjaitan dengan lagu Sudah Kubilang dan Tangan Tak Sampai. Betharia Sonata dengan lagu Kau Tercipta Untuku dan Aku Tak Ingin Sendiri, kemudian Iis Sugianto dengan lagu Jangan Sakiti Hatinya.

“Saat itu ada yang bilang, jika seorang penyanyi ingin sukses, dia harus membawakan lagu Rinto,” imbuh Bens.

Maka tidak berlebihan atas jejak rekamnya yang sangat besar kepada musik Indonesia, Rinto pernah mendapatkan Anugerah Seni dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen P&K, sebagai pencipta lagu berprestasi pada Maret 1982. (Anggara/dms)