Sunday, 23 September 2018

Anak 4 Tahun dengan IQ Satu Angka di Bawah Enstein

Selasa, 17 April 2012 — 1:24 WIB
Heidi-Hankins-4-

HAMPSHIRE – Seorang anak perempuan berusia empat tahun dari Hampshire diterima Mensa dengan IQ satu angka di bawah Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Heidi Hankins dari Winchester memiliki IQ 159 dan belajar sendiri untuk membaca dan mampu menghitung hingga 40 saat berusia dua tahun.

Mensa adalah sebuah perhimpunan yang hanya bisa dimasuki oleh kalangan yang memiliki IQ tinggi, dan menjadi perkumpulan ”orang genius” tertua di dunia.

Kepala Eksekutif Mensa Inggris John Stevenage mengatakan orangtua Heidi “secara benar mengidentifikasi bahwa dia memiliki potensi yang besar”.

Berdasarkan Mensa, IQ rata-rata untuk orang dewasa adalah 100.

Hankins, 46, ayah Heidi, dari Winchester, adalah dosen di University of Southampton, mengatakan: “Kami selalu berpikir otak Heidi cukup cerdas karena dia sedang membaca awal. Kebetulan saya mengkhususkan diri dalam mengukur IQ pada anak-anak, dan saya ingin tahu tentang dia dan hasilnya dari skala, ” katanya.

Begitu dia tahu hasil tes IQ, maka segera anaknya itu dikirim ke Mensa.

Dipaparkannya, dia putrinya telah membaca satu set lengkap buku-buku Reading Oxford ketika dia berumur dua tahun, dan dia membaca seluruh rangkaian 30 di sekitar satu jam, dimana anak-anak normal menyelesaikannya selama 7 tahubn!

Pada tahun 2009, Oscar Wrigley, saat itu berusia dua tahun dari Reading di Berkshire menjadi anak termuda yang masuk dalam Mensa dengan IQ 160.

Heidi Hankins bersama kakaknya

Stevenage mengatakan: ”Kami memberikan sebuah lingkungan yang positif bagi anggota muda untuk berkembang.”

Menurut Mensa, tanda-tanda anak yang berbakat adalah termasuk ingatan yang tidak biasa, dapat membaca di usia dini, tidak memiliki toleransi dengan anak lain dan mengikuti perkembangan peristiwa dunia.

Seorang anak yang berbakat juga selalu bertanya sejumlah pertanyaan sepanjang masa. (bbc/dms)