Monday, 27 May 2019

Kirab Budaya Jabar Terbagi Tiga Zona

Rabu, 18 April 2012 — 10:23 WIB
kirab-2-sub

PELAKSANAAN Kirab Seni Budaya Jawa Barat tiap tahun terbagi dalam tiga zona. Ketiga zona itu antara lain Melayu, Betawi, Priangan dan Dermayon Kacirebonan.

Zona budaya Priangan mencakup wilayah Bandung, Cianjur, Purwakarta dan sebagainya. Sementara zona Melayu Betawi biasanya digelar kesenian oleh  masyarakat Depok yang berdekatan dengan kebudayaan Jakarta itu sendiri. Untuk kesenianKacierbonan diadakan oleh masyarakat Cirebon dan Banjar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jabar Nunung Sobari menjelaskan Kirab Seni Budaya Jabar ini merupakan agenda rutin yang digelar tiap tahun.

Untuk membangkitkan kesenian di Jabar, kata Nunung, diperlukan program revitalisasi dan pewarisan kepada generasi muda. Nunung mencontohkan, pada 2011 lalu, pemerintah berupaya merevitalisasi sebanyak 11 kesenian tradisional salah satunya Seni Uyeg yang berasal dari Kota Sukabumi. Sementara pada 2012 ini, jumlah kesenian yang direvitalisasi mencapai 5 jenis kesenian dan 13 jenis kesenian yang masuk program pewarisan.

“‘’Kesenian yang hampir punah harus diangkat kembali. Ini diperlukan program revitalisasi. Dan pemrov terus berupaya melakukan revitalisasi untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian lokal kita,’’ tuturnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur menilai penyelenggaran Kirab Budaya Jabar tahun ini lebih semarak. Pasalnya, pelaksanaannya berbarengan dengan peringatan Hari jadi ke-98 Kota Sukabumi. ”Momennya bertepatan, jadi acaranya menjadi lebih semarak. Mudah-mudahan lebih meningkatkan lagi kecintaan masyarakat terhadap kesenian dan kebudayaan tradisional,” jelasnya.

Penyaji terbaik diurutan pertama dalam Kirab Budaya Jabar kali ini adalah perwakilan Kabupaten Purwakarta. Kabupaten Purwakarta dalam kegiatan ini menampilkan tiga kesenian tradisional yaitu Seni Garabahan, Seni Dokjring, dan Seni Genye. Di urutan penyaji terbaik kedua yakni dari Kota Bogor yang menampilkan pertunjukan Seni Jangkrik Gombong atau Wayang Hihid.
Sementara penyaji terbaik ketiga direbut Kabupaten Cianjur dengan atraksi seni Pare Hade, Kuda Kosong, dan Ngarak Posong.
(sule/g)

Teks Gbr- Pengantin sunat, kesenian asal Kabupaten Sukabumi yang ditampilkan dalam Kirab Seni dan Budaya.(sule)