Monday, 19 August 2019

Madrid dan Barca Kembali Adu Strategi

Jumat, 20 April 2012 — 10:42 WIB
duell

MADRID (Pos Kota) – Laga leg pertama babak semifinal Liga Champions, telah rampung, dimana kekalahan tipis harus ditelan duo raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona dengan skor tipis. Selanjutnya, mereka akan sama-sama berhenti memikirkan strategi guna membalikkan keadaan pada leg kedua untuk fokus melakoni parati El Clasico dalam lanjutan La Liga Spanyol, Minggu (22/4) dinihari besok.

Kekalahan 1-2 yang ditelan Madrid dari Bayern Muenchen dan menyerahnya Barcelona dari Chelsea dengan skor 0-1, memang di luar dugaan sejumlah kalangan. Beruntung, Madrid hanya butuh kemenangan selisih satu gol dengan syarat tanpa kebobolan untuk melaju ke final saat menjamu Muenchen pada leg kedua, tengah pekan mendatang. Sebaliknya, Barcelona harus menang dengan selisih dua gol jika ingin menyingkirkan Chelsea pada leg kedua di Camp Nou.

Namun sebelum kedua tim memikirkan tentang hal itu, Madrid dan Barca kembali harus beradu strategi di partai El Clasico yang wajib dimenengkan oleh kedua tim demi perburuan gelar La Liga musim ini. Dengan lima laga tersisa, Madrid masih kokoh di puncak klasemen dengan 85 poin, unggul empat angka dari Barcelona di tempat kedua. Artinya, laga ini bisa menjadi penentu bagi kedua tim untuk menjadi penguasa La Liga musim ini.

Partai El Clasico bahkan menjadi lebih bergengsi seiring kehadiran masing-masing bomber mereka, yakni Cristiano Ronaldo (Madrid) dan Lionel Messi (Barcelona) yang juga tengah memburu label El Phichichi atau topskorer La Liga. Hal itu diakui legenda Madrid dan timnas Spanyol, Emilio Butragueno. Ia bahkan sulit memprediksi apakah kali ini, Madrid mampu mengtasi dominasi Barcelona hanya menelan sekali kekalahan dalam 10 pertemuan terakhir.

“El Clásico kali ini akan menjadi saat-saat yang menentukan. Tidak hanya mempertaruhkan gelar di antara kedua tim, tapi juga persaingan antara Ronaldo dan Messi. Barcelona tentunya akan menyajikan perlawanan dan tantangan hebat, tapi saya harap, Madrid bisa menemukan inspirasi untuk menang,” ungkap Butragueño, sebagaimana dilansir The Dominion Post, Kamis (19/4).

Hal senada juga diakui pelatih Barcelona, Pep Guradiola. Terakhir, Madrid bahkan mampu menahan Barcelona 2-2 di Camp Nou pada leg kedua babak perempatfinal Copa del Rey, 26 Januari lalu. Namun saat itu skuad Guardiola tetap melaju ke semifinal dengan agregat 4-3 setelah menang 2-1 pada leg pertama di Santiago Bernabeu. “Madrid sekarang adalah tim yang sulit. Jika mereka menang, maka liga bagi kami sudah berakhir,” tandas Guardiola.

(junius/sir)

  • Rama

    kita akan disuguhi pertandingan yang penuh emosi, gak sportif dan bar bar… smoga real madrid gak mati akal ngadepin taka tiki barca ,,, hadapi aja dengan senyum dan saling menghormati. tidak ada lagi injak tangan pemain lain dgn sengaja. ane jagoin barca 2 – 0