Senin, 23 April 2012 12:13:35 WIB

Dengan Sasaran Pelajar

Waspada Bahaya Laten Komunis

pkkn234

SUKABUMI (Pos Kota) – Sejumlah kalangan mengingatkan warga Sukabumi, Jawa Barat agar mewaspadai merebaknya kembali bahaya laten komunis. Pasalnya, benih-benih potensi paham terlarang ini di wilayah Sukabumi belakangan terakhir telah mencuat. Terlebih dengan merebaknya lembar kerja siswa (LKS) yang berbau komunis.

Dandim 0607 Sukabumi, Letkol Inf. Mukhlis mengakui potensi bahaya laten komunis di wilayahnya memang ada. Hanya Muslikh enggan membeberkan wilayah mana saja yang rawan dengan paham komunis ini. Menurutnya, semua komponen harus tetap waspada dengan kemunculan kembali oknum yang menyebarkan kembali paham terlarang ini.

“Semua komponen harus waspada terhadap bahaya laten ini. Ideologi kita adalah Pancasila. Paham komunis jelas terlarang di Tanah Air,” kata Mukhlis.

Dikatakan Muslikh, untuk memutuskan mata rantai penyebaran paham komunis harus sejak dini. Menanamkan ideologi bangsa Pancasila dengan kuat kepada warga sejak usia sekolah, salah satunya. Tentu saja hal ini harus melibatkan semua pihak, terutama kalangan pendidikan termasuk pengawasan terhadap buku pegangan siswa. Muslikh menilai, dengan adanya pengawasan seperti penyebaran LKS berbau komunis yang ditemukan di beberapa sekolah di wilayahnya tidak akan terjadi.

“Siswa harus diberikan pemahaman mengenai kecintaan kepada Tanah Air, terutama mengenai kebangsaan. Untuk itu, para guru harus lebih banyak memberikan materi itu. Dan, pihak sekolah harus ketat dalam pengawasan buku yang dibaca siswa,” tegasnya.

Sekedar diketahui, belum lama ini di wilayah Sukabumi ditemukan adanya indikasi penyebaran komunisme yang sasarannya anak pelajar. Dugaan ini mencuat setelah ditemukannya LKS Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk kelas X SMA/sederajat di beberapa sekolah. Kesalahan fatal dlm LKS itu dengan menuliskan bahwa paham komunis dinilainya tepat dengan kondisi bangsa ini.(sule)

Teks : LKS Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk kelas X SMA/sederajat

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.