Perorangan Bisa Ikut Jamsostek

Selasa, 24 April 2012
james244

HARIAN Pos Kota bekerjasama dengan PT Jamsostek (Persero) kembali menghadirkan Rubrik Info Jamsostek setiap Hari Rabu. Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan melalui SMS online ke nomor 0821148790749 dan dapat membaca rubrik ini di Pos Kota online dengan mengklik poskotanews.com setiap hari.

1.Pertanyaan : Butuh waktu berapa lama untuk mencairkan Jamsostek setelah di PHK?

Jawab: Sesuai ketentuan yang berlaku, pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek baru bisa dilakukan jika masa kepesertaan sudah 5 tahun 1 bulan, saat pekerja sudah tidak bekerja lagi atau pensiun.

2. Pertanyaan : Anak saya dulu pernah dapat beasiswa dari Jamsostek, apakah bisa kalau sekarang daftar lagi.

Jawab : Jika memang anak anda masih berprestasi seperti yang disyaratkan oleh PT Jamsostek dan perusahaan tempat Anda bekerja mengajukan permintaan beasiswa kembali, maka Anda bisa mengajukan permohonan beasiswa bagi putera anda kembali.

3. Pertanyaan : Saya bekerja di bengkel mobil cukup besar, dengan jumlah karyawan lebih dari 10 orang. Bagaimana kalau bengkel kami belum mengikuti program Jamsostek?

Jawab : Berdasarkan UU No.3 Tahun 1993 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, semua pekerja berhak mendapat perlindungan dasar dan semua perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya dalam program Jamsostek. Jika hingga sekarang bengkel tempat Anda bekerja tidak mendaftarkan pekerjanya, maka Anda bisa melaporkan ke kantor dinas tenaga kerja setempat untuk ditindaklanjuti.

4. Pertanyaan : Apakah keluarga peserta Jamsostek bisa mendapatkan fasilitas rawat inap?

Jawab: Jika program Jamsostek yang diikuti perusahaan termasuk juga kepesertaan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK), maka peserta beserta isteri dan 3 orang anak dapat menikmati manfaat pelayanan kesehatan yang diantaranya pelayanan rawat inap.

5. Pertanyaan : Apa syaratnya membuat kartu baru karena kartu saya hilang. Dan bagaimana caranya mendapatkan pinjaman perorangan?

Jawab : Membuat laporan kehilangan kemudian minta personalia perusahaan mengurus ke kantor Jamsostek untuk membuat kartu yang baru. Pinjaman dana bagi peserta adalah pinjaman uang muka perumahan (PUMP) dan renovasi rumah yang pengujuannya dikoordinir perusahaan atau langsung ke Jamsostek untuk mendapat surat rekomendasi ke bank.

6.Pertanyaan: Saya terdaftar sebagai peserta Jamsostek baru 22 bulan. Apakah sudah bisa mengajukan pinjaman uang muka perumahan?

Jawab : Anda sudah bisa mengajukan pinjaman uang muka perumahan (PUMP), karena syarat minimum kepesertaan adalah 1 tahun.

7. Pertanyaan : Saya bekerja sebagai pelayan toko di Mangga Dua, Jakarta, tetapi tidak mendapat perlindungan Jamsostek. Bisakah mendaftar perorangan?

Jawab : Saat ini sudah ada program kepesertaan perorangan (mandiri) melalui program tenaga kerja di luar hubungan kerja (TKLHK). Anda bisa datang ke kantor Jamsostek terdekat, dan lebih baik lagi jika membuat paguyuban karyawan toko atau membentuk koperasi sehingga ada yang bertanggungjawab mengkoordinir iuran.

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.