Friday, 19 July 2019

Kembangkan SMS Gateway

Rabu, 25 April 2012 — 8:57 WIB

PELAYANAN publik di Kelurahan Semper Barat, Jakut,  kini diperkuat perangkat teknologi komunikasi SMS gateway. Inovasinya diakui lurah setempat terinspirasi Rubrik SMS Aspirasi Warga yang setiap hari disajikan suratkabar kita.

Melalui SMS atau pesan singkat dikirim ke nomor telepon yang disediakan khusus, Lurah Kelik bersama stafnya mendapatkan masukan tentang jalan rusak, tumpukan sampah  dan sejenisnya. Tentu, tujuan warga mengirim SMS agar segera mendapat empati.

Reaksi positif mengalir dari atasan lurah termasuk Gubernur Fauzi Bowo. Dijanjikan gubernur, sistem SMS gateway  segera dikaji untuk dikembangkan di Jakarta. Kita termasuk yang mengapresiasi upaya Lurah Kelik.

Subtansi dari modernisasi proses komunikasi tersebut adalah tindakan nyata. Lurah tak akan berdaya jika kerja sendirian.  Bersama Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan  pengurus RT/RW, kita yakini kinerja mampu membuahkan hasil optimal.

Tugas utama LMK maupun pengurus RT/RW membantu lurah melayani warga. Ibarat kata, tak ada jarum jatuh tanpa bisa diketahui  lurah. Keberadaan mitranya itu menyerupai jaring-jaring. Di seluruh pelosok kota terdapat   2.713 unit RW dan 30.145 unit RT serta satu anggota LMK mewakili setiap wilayah RW di 267 kelurahan.

Interkasi kerja lurah bersama mitra sering dijumpai terjebak konflik  kepentingan dibumbui ego sektoral. Biasanya gesekan menajam berkaitan dengan penggunaan anggaran penguatan dan pemberdayaan masyarakat.

Ke depan, revitalisasi atau perbaikan hubungan tersebut menjadi penting guna mengoptimalkan pelayanan publik. Pejabat yang menjadi motor penggeraknya, camat, walikota atau bupati dituntut pro-aktif mencairkan kebekuan hubungan lurah dengan mitranya itu.

Pemprov juga layak memberi kewenangan lebh longgar kepada lurah untuk memobilisasi aparat kedinasan yang kantornya satu atap. Kerja cenderung lamban lantaran aparat dinas terkait  menunggu restu dari atasan langsung di Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan, Dinas Kesehatan serta dinas lainnya.

Model SMS gateway di Semper Barat yang bakal dikembangkan pemprov  menjadi solusi jempolan bagi Jakarta, syarat mutlaknya berupa sinergi kerja kedinasan didukung ketangguhan lurah selaku manajer lingkungan setempat. ***