Friday, 21 September 2018

Konversi BBM ke BBG Angkutan Umum Selesai 2013

Kamis, 26 April 2012 — 10:58 WIB
mangindaan

TAHUN ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membagikan 250 ribu konverter untuk angkutan umum yang akan beralih menggunakan bahan bakar gas (BBG).

“Tahun 2013 kami targetkan seluruh kendaraan umum sudah menggunakan BBG,” ujar Menhub EE Mangindaan. Konverter merupakan alat yang digunakan untuk menkonversi bahan bakar kendaraan yang semula menggunakan BBM menjadi BBG. Untuk angkutan umum pemerintah akan membagikan secara gratis.

Mennteri mengakui untuk mobil pribadi pihaknya tidak bisa memaksakan. Tapi jika untuk angkutan umum pihaknya masih bisa mengarahkan sehingga nantinya bisa lebih menghemat dengan memakai gas.

SEKALIGUS MEMASANG

Tidak hanya membagikan, Kemenhub juga sekaligus akan memasangkan. “Targetnya, 250 ribu angkutan umum di Jawa-Bali sudah terpasang converter kit pada 2012. Setelah itu kami akan menyisir kendaraan umum seperti bus-bus angkutan pedesaan, angkutan masal, dan bus antar kota dan provinsi,” katanya.

Dari catatan Kemenhub, saat ini total angkutan umum yang beroperasi di Indonesia mencapai 500 ribu unit, dan separuhnya berada di Jawa-Bali.

“Kita optimis pekerjaan ini selesai pada 2013, termasuk pembangunan infrastruktur penunjang konversi BBM yang sudah tersedia.”

(dwi/us)