Saturday, 17 November 2018

Satpol PP Kecamatan Setiabudi Ikuti Bimbingan Teknis

Rabu, 2 Mei 2012 — 18:02 WIB
Satpol PP

SETIABUDI (Pos Kota) – Sebanyak 60 anggota Satpol PP kecamatan Setiabudi, Jaksel mengikuti pembinaan teknis penegakan Perda No 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum di DKI Jakarta.

Pembinaan yang disampaikan Direktorat Bimas polda Metro Jaya Kompol Harlin P dan Wakil Camat Setiabudi Djohari tersebut diikuti para Kasatgas Pol PP Kelurahan beserta anggotanya dan anggota Satpol PP kecamatan.

Menurut Harlin, Satpol PP memiliki tanggungjawab besar untuk mengawal ketertiban di ruang public. Itu sebabnya penting bagi mereka mengetahui batasan tugas agar tidak salah dalam penerapannya di lapangan.

“Yang dihadapi para satpol PP adalah pelanggaran. Mulai dari lokasi pedagang Kaki-5 liar, dagang disaluran, hingga penggunaan trotoar tidak pada tempatnya,” ujar Harlin, Rabu (3/5).

Meski tugas-tugas penegakan ketertiban umum bersentuhan dengan pelanggaran, Harlin meminta agar anggota Satpol PP tetap bersikap santun dan manusiawi. “Lakukan penekatan persuasive kepada pedagang atau warga yang melakukan pelanggaran, tidak dengan arogansi,” tambahnya.

Senada juga dikemukakan Wakil Camat Setiabudi Djohari, Satpol PP adalah garda terdepan mengawal ketertiban umum di Jakarta. Tanpa mereka, tidak bisa dibayangkan seperti apa kota Jakarta.

Tugas yang cukup berat diemban tersebut lanjut Djohari tidak serta merta membuat satpol PP boleh bertindak arogan. “Gubernur DKI Jakarta sudah berulangkali mengingatkan agar Satpol PP bekerja lebih mengutamakan pendekatan kemanusiaan, tidak mentang-mentang menjadi aparat,’ katanya.

Sebagai pengawal perda ketertiban umum, Satpol PP memiliki tanggungjawab besar melindungi masyarakat. Misalnya memberikan rasa aman kepada pejalan kaki dengan mensterilkan trotoar dari motor dan pedagang Kaki-5, menjaga keasrian dan keindahan taman dari tindak penyerobotan kaki-5 liar, menjaga saluran air supaya tidak penuh sampah  dan sebagainya. (anton/dms)

Saat sosialisasi penangganan penertiban dan penengakan hokum jajaran satpol PP di Setiabudi. (anton)