Friday, 21 September 2018

Dukun Pengganda Uang Dibekuk

Kamis, 3 Mei 2012 — 19:18 WIB
gandain35

SUKABUMI (Pos Kota) – Penipuan dengan modus bisa menggandakan uang diungkap jajaran Polres Sukabumi, Jawa Barat. Pelakunya dukun palsu, Asep Saepuloh yang menipu korbannya hingga Rp150 juta. Kini, Asep meringkuk di hotel predeo Mapolres Sukabumi.

Terungkapnya ulah dukun palsu ini setelah korbannya asal Kampung Jayanti RT 04/02 Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi melaporkan ke ke polisi. Pasalnya si dukun mengaku uang Rp150 juta bisa diubah jadi uang dolar. Ternyata itu hanya tipu muslihat.

Polisi lalu menciduk Asep. Disita barang bukti berupa uang dolar palsu dua lembar, satu di antaranya pecahan satu juta dolar dan emas batangan palsu seberat dua kilogram.

Kapolres Sukabumi, AKBP M Firman membenarkan pihaknya telah meringkus tersangka Asep.“Selain mengaku bisa menggandakan uang, pelaku juga meyakinkan korban dengan memberikan dua batang emas palsu seberat 2 kg,” kata Firman kepada wartawan, Kamis (3/5).

Disebutkan Firman, uang sebesar Rp150 juta dijanjikan akan berlipat ganda menjadi Ro19 miliar.

Akibat perbuatannya, Asep dijerat dengan pasal pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Sementara, Asep kepada polisi membantah telah menipu korban. Asep mengaku hanya menjalankan suruhan korbannya untuk menggandakan uang. “Saya diminta korban menggandakan uang. Karena didesak saya akhirnya melakukannya. Untuk menjalankannya saya melakukan ritual. Kalau dua kilogram emas palsu dan uang dolar palsu saya beli di Pasar Pelita Kota Sukabumi,” bantah Asep. (sule)

Teks : Ilustrasi