Saturday, 20 October 2018

Bapak Brimob Itu Kini Telah Tiada

Jumat, 4 Mei 2012 — 23:45 WIB
brimob45

DEPOK (Pos Kota) – Sosok pejuang proklamasi sekaligus dikenal sebagai Bapak Brimob Polri, Komjen. Purn. Dr H Moehammad Jasin, 92, menghembuskan nafas terakhir Kamis (3/5) pukul 15:15 di RS Polri Kramat Jati karena sakit.

Saat Pos Kota mendatangi rumah duka di Perumahan Mega Cinere, Jalan Lembayung No. 75 Blok L, Cinere, Depok masih terdapat karangan bunga ditaruh di depan rumah dari sejumlah kerabat yang terdiri dari pejabat Mabes Polri dan tokoh pemerintah DKI Jakarta.

Menurut Adi, 21, pembantu rumah, almarhum dikenal dalam keluarga sebagai orang yang senang bercanda. Selain itu kepada siapa saja selalu baik dan pigure mempunyai watak yang tegas namun disiplin tinggi ke anak-anaknya.

Dilahirkan di Sulawesi dan dianugerahi empat orang anak ini semasa hidupnya selalu peduli dengan pembangunan Negara Indonesia. “Bapak adalah orang yang tidak suka melihat jika ada yang melakukan korupsi, karena selama hidupnya sangat idealis,”katanya.

Sementara itu, AKBP Budiman, Juru Bicara Mako Brimob Kelapa Dua, mengatakan Komjen MoehammadJasin merupakan salah satu pejuang kemerdekaan yang berhasil melucuti senjata penjajah.

Moehammad Jasin dikenal juga sebagai Bapak Brimob Polri karena dia sebagai pucuk pimpinan pertama satuan yang membentuk Brigade Mobil, tahun 1946 pimpinan Kapolri Jenderal Raden Said Soekanto.

“Sebelum akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, kita persemayamkan terlebih dahulu di Satya Haprabu Korp Brimob Kelapa Dua untuk penghormatan terakhir,”ujarnya.

Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jaksel, Jumat (4/5). Jenderal Timur Pradopo, Kapolri memimpin upacara pemakaman tersebut berjalan secara militer. (angga)

Teks: Komjen Purn Dr H Moehammad Jasin