Selasa, 8 Mei 2012 20:23:17 WIB

14 SMP Swasta Dapat Bantuan Renovasi

sekolahru85

GAMBIR (Pos Kota) – Meningkatkan dan menunjang kegiatan belajar mengajar, 14 gedung SMP swasta di Jakarta Pusat (Jakpus) yang rusak akan mendapat dana bantuan.

Kepala Sudin Pendidikan Dasar (Dikdas) Jakpus, Zaenal Soleman menjelaskan bantuan pembangunan gedung SMP swasta tersebut berasal dari pemerintah pusat atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Bantuan tidak hanya untuk SMP tapi juga SD swasta.

“Untuk SMP swasta tahun ini ada 14 sekolah yang akan diperbaiki, sedangkan untuk SD masih dibahas,” jelasnya, Selasa (8/5).

Bantuan ini diberikan karena tidak ada perbedaan antara sekolah swasta dan negeri. Hal ini sebagai bentuk percepatan perbaikan sarana dan prasarana sekolah agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. “Bentuknya rehab sedang yang dibiayai dengan dana APBN,” ujar Zaenal.

Diharapkan pihak pengelola swasta untuk melaksanakan pembangunan sekolahnya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Sekolah swasta yang mendapatkan bantuan karena kondisi bangunannya yang sudah tidak layak, mempunyai izin resmi, mempunyai tanah dan gedung sendiri dan lain-lain.

Sedangkan untuk sekolah negeri pembangunannya dibiayai dengan dana APBD Pemprov DKI Jakarta. Rencananya tahun ini di Jakpus sekolah SD dan SMP Negeri yang akan diperbaiki sekitar 30 an sekolah. Baik rehab sedang dan berat.

Selain itu yang perlu mendapat perhatian adalah bangunan sekolah yang dibangun tahun 80 an, baik itu gedung bertingkat atau masih bangunan standar. Karena masih banyak yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan termasuk pemeliharaannya. “Tentunya harus berdasarkan kajian dari Dinas Pendidikan dan Dinas Perumahan dan Gedung Pemda,” kata Kasudin Dikdas.

Zaenal menambahkan pihaknya juga fokus pada penataan lingkungan sekolah untuk mendukung program adipura. Diantaranya dengan pembangunan pagar, sumur resapan, pembuatan kompos, lubang biopori, pengerasan halaman dengan conblok dan lain-lain. (Tarta)

Teks : Ilustrasi perbaikan sekolah rusak

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.