Saturday, 17 November 2018

750 Personil Gabungan Bersihkan Ciliwung

Jumat, 11 Mei 2012 — 23:08 WIB
ilus750

BOGOR (Pos Kota) -Ratusan personil gabungan TNI, Polri, aparat Pemerintah Kota Bogor, organisasi pemuda, Sekolah, LSM, dan mahasiswa pecinta lingkungan, masyarakat turun ke sungai Ciliwung dan kali Cibalok, Jum’at (11/5).

Personil gabungan sebanyak 750 orang tersebut serempak membersihan sungai Ciliwung dari tumpukan sampah. Kegiatan yang digelar oleh Kodim 0606 Kota Bogor dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Kodam/III Siliwangi ke 66 dan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 530.

Aksi kebersihan ciliwung denga sasaran tiga titik pertama, sungai ciliwung menuju ke sempur, titik kedua di sungai Cibalok dan titik ketiga di ciliwung dekat pasar bogor.

Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Inf Sinyo mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai juga melibatkan pedagang sekitar Pasar Bogor. Secara keseluruhan jumlah personil yang diterjunkan 750 orang, di titik pertama sungai Ciuliwung sekitar Kebun Raya menuju Sempur berjumlah 270 orang, titik kedua kali Cibalok berjumlah 180 orang dan pada titik ketiga sungai Ciliwung dekat Pasar Bogor berjumlah 280 orang.

Sinyo mengatakan, aksi bersih-bersih sungai ini merupakan bagian dari gerakan kali bersih dalam rangkaian menyambut HUT Kodam/III Siliwangi dan HJB ke 530 “Kita juga berharap ini menjadi bagian dari solusi dan upaya dalam mengatasi permasalahan kebersihan yang berada di sekitar bantaran aliran sungai ciliwung dan cisadane yang muaranya sampai ke laut, “ kata Sinyo.

Selain itu, menurut Sinyo, gerakan kali bersih untuk mengajak masyarakat peduli kebersihan lingkungan sungai ciliwung dan cisadane. “Sejauh ini masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan sungai, mereke dengan seneknya membuang ke sungai, “ ujarnya.

Sebelum melakukan aksi kebersihan sungai personil gabungan ini melakukan apel di Kebun Raya Bogor. Apel diikuti Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan, Ketua DPRD Kota Bogor Mufti Faoqi, dan jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) (yopi)