Sunday, 18 November 2018

Hadapi Libur Panjang

Penumpang KA Antre Panjang Untuk Memperoleh Tiket

Kamis, 17 Mei 2012 — 19:52 WIB
mu175

JAKARTA ((Pos Kota) – Hingga Kamis siang warga yang ingin menghabiskan libur panjang memadati Stasiun Gambir dan Senen Jakarta guna memperoleh tiket kereta dengan tujuan Cirwbon, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Antrian panjang terlihat di loket pembelian tiket. Rata-rata calon penumpang ini ingin memanfaatkan liburan g empat hari untuk bertemu keluarga di kampung atau hanya sekadar berlibur untuk melepas kepenatan setelah bekerja penuh.

Kepala Stasiun Gambir Edy Kuswoyo,menjelaskan tujuan favorit calon penumpang adalah Cirebon, Solo, Yogyakarta dan Semarang. “Hari pertama libur atau hari ini ada peningkatan penumpang sebesar lima persen dibandingkan hari biasa,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, lanjut Edy, PT Kereta Api menambah perjalanan kereta tujuh gerbong tujuan Solo dan Cirebon.

Humas Daop 1 PT Kereta Api Mateta menambahkan tiket liburan panjang telah terjual 90 hari sebelum keberangkatan. Namun masih banyak masyarakat yang tidak tahu sehingga mereka berduyun-duyun datang ke stasiun pada hari pemberangkatan.

“Tidak dijamin tiket masih ada atau tidak, padahal kami sudah sering memberitahukan bahwa tiket sudah bisa dibeli 90 hari sebelum pemberangkatan,” katanya.

MERUGIKAN PENUMPANG

Kebijakan penjualan tiket 90 hari sebelum pemberangkatan menurut sejumlah penumpang sangat merugikan atau menyulitkan calon penumpang. Sebab banyak orang kesulitan mengatur jadwal pembelian tiket kereta lantaran baru mengetahui pengumuman libur panjang sehari sebelumnya.

Selain itu, tidak sedikit mereka yang naik kereta karena keperluan mendadak seperti orangtua sakit atau Musibah lainnya sehingga saat itu juga harus berangkat pulang kampung.

“Sebaiknya sistem ini dihapus dan kembali lagi ke sistem lama, karena cuma menguntungkan PT Kereta api dan calo yang memborong lewat online, atau ini hanya permainan manajemen PT Kereta api saja,” kata Yandi, Warga Pluit yang kerap kali pergi ke Semarang gunakan kereta api. (dwi)

Teks : Suasana di Stasiun Gambir bila libur panjang selalu dipadati penumpang (dokumentasi)