Monday, 12 November 2018

Menebar Kebaikan Melalui Jejaring Sosial

Jumat, 18 Mei 2012 — 15:04 WIB
aby-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Fenomena jejaring sosial yang  sempat menuai kritik karena kerap disalahgunakan, ternyata bisa dijadikan media dakwah dan sarana untuk  menyebarkan kebaikan.

“Tidak hanya melalui pengajian, pesantren dan sekolah Islam, dakwah, kasih sayang dan virus kebaikan  ternyata bisa ditularkan melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dll,” jelas Agus Syafii penulis buku “Mukjizat Sholat dan Doa” di Jakarta, Jumat, (18/5/2012).

Menurut dia, Facebook (FB) menjadi  media yang sangat digemari baik dari anak-anak, remaja sampai orangtua. Perkembangan teknologi dunia maya ini sudah diterima dari elemen mana saja.

Agus mengatakan, komunitas “Page Facebook Mukjizat Sholat dan Doa” yang didirikannya sudah memiliki dua juta pengikut (follower). Selain memiliki komunitas facebook, Agus Syafii juga membangun rumah belajar Amalia bagi anak-anak yang kurang mampu.

“Ada sekitar 80 anak didik di rumah belajar Amalia dan semuanya kami ajarkan mengenai cinta kasih kepada sesama manusia. Kami ingin 80 anak ini menjadi orang yang berguna dan bermanfaat nantinya,” katanya.

Dia menjelaskan pentingnya pendidikan mengenai kasih sayang agar masyarakat tidak menjadi orang yang “sakit” secara kejiwaan dan jauh dari tindakan kekerasan dan anarkisme.

“Pada masa sekarang ini kita sering melihat banyak aksi kekerasan yang dilakukan sekelompok orang, dan untuk menghindari generasi muda dari anarkisme kita harus terus menebarkan virus cinta kasih. Hal ini sepele tapi sangat bermanfaat,” katanya.

Menurutnya, virus kasih sayang bisa dilakukan semua orang di lingkungannya, baik melalui jejaring social maupun langsung saat bertatap muka dengan tetangga.

Agus mengatakan setelah sukses menggaet para follower di FB, dia  kemudian membuat buku Mukjizat Sholat dan Doa. Buku setebal 333 halaman tersebut merupakan kumpulan dari kisah-kisah nyata dan inspiratif yang pernah dimuat di halaman FB Mukjizat Sholat dan Doa, atau blogspot Agus Syafii.

“Komunitas page tersebut pernah dinobatkan sebagai salah satu The Best Ten Page Facebook, menggeser halaman facebook Chocolator awal Februari 2012. Ini menurut data dari salingsilang.com,” kata Agus.

(aby/sir)

Teks Gbr- Agus Syafii penulis buku “Mukjizat Sholat dan Doa” menjelaskan jejaring sosial seperti Facebook bisa digunakan untuk berkomunikasi soal agama, kasih sayang dan kebaikan, saat jumpa pers di Jakarta, Jumat, (18/5). (aby)

  • Gautama Budisugito

    mantap